Hadapi MotoGP Tahun 2017 Sentul Siap Berbenah.. Semakin Panjang dan Lebar

Diposting pada

image
^layout baru sirkuit Sentul

Motomazine.com – salam safety riding bro sis.. Impian para pecinta balap MotoGP untuk melihat jagoannya bertarung di Indonesia memang sepertinya bakal menemui lampu hijau. Pasalnya progress menuju kenyataan tersebut semakin ke sini semakin nampak jelas saja. Kabar terbaru menyebutkan jika sirkuit Sentul siap bersolek demi menjadi wadah para penggeber motor prototype MotoGP untuk adu kebut di sini tahun 2017 nanti.
Adalah Tinton Soeprapto, selaku Direktur Sirkuit Internasional Sentul yang mengatakan jika mulai Desember nanti pemugaran akan dilakukan secara bertahap. Tak tanggung-tanggung, layout sirkuit pun bakal mendapatkan revisi. Ke depan Sentul bakal lebih lebar dan panjang.
Tinton menargetkan jika pada Januari 2016 nanti semua bangunan sudah rata dengan tanah lantas di bulan April aspal akan dibongkar untuk kemudian diganti dengan aspal baru setebal 5 cm dengan aspal kualitas tinggi.
“Jadi nanti limbah aspal yang dibongkar itu akan dipanaskan dan kembali dicampur dengan aspal baru. Kenapa pengerjaan aspal dilaksanakan di bulan April? Sebab sekarang sedang musim penghujan jadi hasilnya tak akan bagus”, tutur Tinton seperti dilansir Otomania di Kantor Dewan Pertimbangan Presiden, Jakarta Pusat (Kamis, 19/11/2015).
Hermann Tilke selaku perancang sirkuit akan menambah panjang sirkuit Sentul yang semula 3,9 km menjadi 4,4 km atau terjadi penambahan panjang sepanjang 500 meter. Sedangkan lebar sirkuit ditambah menjadi 15 meter dengan kombinasi 14 tikungan. Nantinya di sisi kiri dan kanan sirkuit bakal dibangun bangunan-bangunan strategis penunjang tim dan pemirsa balap.
“Pengerjaannya sampai berapa lama saya belum tahu. Yang pasti gelaran balap MotoGP di Indonesia bakal digelar sekitar bulan Oktober atau November tahun 2017 sebelum seri Sepang. Namun sebelum itu sirkuit akan mendapatkan uji kelayakan dari Dorna”, tambahnya.

image
^Rossi saat juarai GP 125cc Sentul 1997

Pembangunan sirkuit Sentul sendiri diprediksi akan memakan dana yang tidak sedikit bro sis. Dibutuhkan sekitar Rp. 200 milyar untuk membangunnya. Sedangkan sampai saat ini pemerintah masih mempunyai dana 5 milyar saja untuk memulainya.
Lebih lanjut Menpora juga menambahkan
“Uang 5 milyar itu ibarat sebagai uang muka. Sisanya akan kita dapatkan dari pihak lainnya. Dengan uang 200 milyar tersebut selama tiga tahun ke depan kita tidak akan mengeluarkan biaya lagi. Sebab semuanya sudah diperhitungkan selama itu”.
Bagaimana masbro, rupanya pemerintah masih mulai membayar biaya pembangan Sentul sebanyak 5 milyar. Untuk sisanya yang 150 milyar masih menunggu pihak-pihak terkait.
So.. Apakah anda tertarik menjadi donatur, sponsor atau just be a comentator..??? (MMz/red).
Related Posts:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

6 komentar

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini