Ducati GP16 Tetap Bersayap.. Meluncur Musim Depan

image

Ducati GP16 tetap pakai winglet

Motomazine.com – salam safety riding bro sis.. Tim merah MotoGP asal Bologna Italia sepertinya tak ingin teledor menyambut musim depan. Luigi ‘Gigi’ Dall’igna Manager Balap tim Ducati saat ini mengakui sedang melakukan riset terhadap the new weapon untuk tahun depan. Ducati Desmosedici GP16 yang tetap bersayap.

Yup, seperti kita ketahui bro sis.. Sayap (winglets) di fairing motor-motor prototype MotoGP sepertinya memang menjadi trend akhir-akhir ini. Seakan dipandang sebelah mata pada awalnya namun akhirnya tercatat Ducati dan Yamaha pada akhirnya konsisten  mengaplikasikannya.

image

^revisi awal winglet Ducati

Memang semenjak digunakan tahun 2010 lalu winglets di Ducati telah mengalami beberapa kali facelift. Di tahun 2015 ini saja Ducati telah merevisi winglets nya sebanyak tiga kali. Tercatat mulai dari tes perdana di Qatar, kemudian berubah di Sachsenring dan kemudian ketiga saat di Motegi Jepang Oltober lalu. Terilhami dari winglets yang tetiba muncul di kiri dan kanan Yamaha M1 Rossi dan Lorenzo.

image

^winglet M1 Rossi di Misano

Aerodinamika adalah sesuatu yang tak pernah terlalu dipikirkan di tahun-tahun yang lalu. Jadi, kami mencoba untuk fokus terhadap itu (winglet) dan terbukti tahun ini kami cukup bagus.

Ucap Dall’igna.

Winglets berfungsi untuk menambah beban pada ban depan. Jadi untuk anti-wheelie itu sangat membantumu. Aku tak berpikir untuk menambah winglets lagi musim depan. Namun lebih pada penyesuain dan beberapa modifikasi kecil. Namun secara garis besar tetap sama.

Imbuhnya.
Menurunnya performa duo Ducati di beberapa balap akhir musim ini diakui Gigi akibat belum nyamannya Ducati bagi duo Andrea. Dovisiozo selalu mengeluhkan pengereman sedangkan Iannone lebih kepada kurangnya traksi. Maka dari itu, di musim depan Ducati GP16 akan dikembangkan berdasarkan kedua masalah tersebut. Satu yang pasti winglets akan tetap dipertahankan guna mengantisipasi ban Michelin dan ECU tunggal.
Di akhir musim sendiri Andrea Iannone berhasil menduduki peringkat lima dunia dengan tiga kali podium sedangkan Dovisiozo berada di posisi tujuh dengan lima kali naik podium.

image

^GP15 aplikasikan winglet serupa M1

Ducati GP16 sendiri baru akan mengawali debutnya di Sirkuit Sepang. Tepatnya bulan Februari tahun depan. Saat tes perdana pra-musim digelar.
Namun pekan depan Ducati masih kembali mendapatkan jatah tes bersama-sam Honda dan Aprilia di sirkuit Jerez sebelum akhirnya tes musim dingin benar-benar dibekukan (MMz/red).

Related Posts:

Iklan

Tentang motomazine

Pecinta Dunia Otomotif yang sedang belajar sharing di dunia maya.Apapun asalkan berhubungan dengan mesin, roda dua, roda empat pebalap, dan kehidupan manusia akan selalu senang untuk saya perbincangkan
Pos ini dipublikasikan di motogp dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Ducati GP16 Tetap Bersayap.. Meluncur Musim Depan

  1. otoplanet berkata:

    5thn blm prnh podium 1

    Suka

Silahkan berkomentar.. Monggo...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s