MotoGP di Indonesia Kemungkinan ditunda Sampai 2018 dan Bukan di Sentul..!!!

Diposting pada 79 views

165181.middle.jpg

Motomazine.com – salam safety riding bro sis.. Gonjang-ganjing perihal jadi tidaknya MotoGP digelar di Indonesia tahun 2017 nanti ternyata masih saja menjadi misteri. Pasalnya syarat-syarat yang diajukan Dorna agar Indonesia layak dan berhak menjadi tuan rumah MotoGP tahun 2017 nanti masih belum sepenuhnya dipenuhi oleh pemerintah.

Di tahun 2015 lalu, perwakilan resmi dario Dorna Carmelo Ezpelata sudah bertemu dengan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi serta CEO sirkuit Sentul, Tinton Soeprapto untuk membahas kesepakatan pemenuhan persyaratan. Sejauh ini (sejak pertemuan itu) Dorna telah menerima LOI (Letter of Intention) yang ditanda tangani menteri dan intinya mereka (Dorna dan Indonesia) telah mencapai kesepakatan untuk menggelar MotoGP di Indonesia selama tiga tahun dimulai dari tahun 2017.

Itu bukan masalah, namun pemerintah Indonesia tidak mau menggunakan sirkuit Sentul. Karena untuk layak menggelar MotoGP, permukaan sirkuit harus diperbarui dan diupgrade. Untuk hal ini sebenarnya pemerintah sudah menemukan solusi baru. Mereka telah berencana bekerjasama dengan desainer sirkuit kenamaan asal Jerman, Herman Tilke yang sudah kondang melanglang buana mendesain berbagai sirkuit F1 di seluruh penjuru dunia. Bahkan Tilke telah membuat desain sirkuit Sentul yang baru jika kesepakatan benar-benar tercapai.

Namun apa daya masbro.. Kesepakatan yang tinggal selangkah lagi mencapai kata deal ini terpaksa harus ditunda. Status sirkuit Sentul yang masih milik swasta membuat pemerintah tak mampu menggelontorkan dana APBN untuk melakukan renovasi terhadapnya. Untuk ini sebenarnya Pemerintah Indonesia melalui Menteri Pemuda dan Olahraga sebenarnya tetap mengharapkan agar Dorna tetap menggelar MotoGP di Indonesia tahun 2017 nanti. Namun mengingat belum adanya sirkuit, kemungkinan kalaupun jadi MotoGP di Indonesia baru akan digelar tahun 2018 nanti..

Yup… masalah sirkuit lah yang ternyata menjadi hal yang paling krusial. Namun pemerintah ternyata tak tinggal diam.. Beberapa alternatif lokasi sudah diajukan. Salah satunya yakni pemerintah akan membangun sirkuit baru di Sumatera Utara. Namun kembali masalah muncul, sebab lokasin yang terlalu jauh dari Bandara Internasional serta populasi penduduk yang tak sebanyak pulau Jawa menjadi masalah tersendiri.

PA1779896.0008.jpg

Akan tetapi pemerintah tak berhenti cukup sampai di situ.. Masih ada alternatif sirkuit lain yang akan dibangun. Yup… Tetap di Jakarta masbro.. Namun dengan lokasi yang lebih ke barat dari ibukota Jakarta. Bahkan menurut beberapa sumber yang MMz kutip dari Motomatters sebenarnya pemerintah telah menyiapkan dana untuk membangun sirkuit ini. Dan apabila tidak ada kendala, kemungkinan sirkuit akan siap di tahun 2017 nanti..

Yowes… kita berharap saja masbro kesemuanya berjalan sesuai rencana.. Ya walaupun mungkin nantinya MotoGP baru bisa digelar di tahun 2018 toh tetap saja kita dapat menyaksikan para jagoan balap kita mengaspal dan berlaga di tanah air.. Ternyata selama ini pemerintah tidak diam toh..??? Tidak mungkin mereka diam.. Sebab mereka sadar, MotoGP adalah salah satu magnet luar biasa untuk mendatangkan devisa bagi negara kita tercinta.. Selain MotoGP itu sendiri, masih banyak kebudayaan dan kekayaan lokal yang mampu menarik para wisatawan luar negeri untuk betah dan berlama-lama tinggal di Indonesia…

So… be positive thinking saja… (MMz)

Related Posts:

=============================================

bro dan sis punya informasi seputar otomotif dan kehidupan? Share saja bareng Motomazine di:

  • email: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: @aguztino86
  • BB: 524dbd4e
  • WA: 085233819298 

        

28 thoughts on “MotoGP di Indonesia Kemungkinan ditunda Sampai 2018 dan Bukan di Sentul..!!!

  1. baiknya sih bukan dri anggaran daerah, melainkan swasta. dlm konteks adalah atpm sperti honda dan yamaha pak. atpm kan sdh diuntungkan, dg itu melakukan kontribusi lgi dlm bentuk mewujudkan gelaran motogp ini yg sangat bnyk fans dalam negri nya. Tentu yg akan di untungkan lgi pihak atpm yaitu terhadap penjualan motor nya.

    1. Tinggal mereka mau apa enggak… Karena jumlah kontrak kabarnya tembus 200M loh.. Wong disuruh turunin harga sepeda motor sedikit saja sulitnya minta ampun… 😳

      1. dana segitu mah terjangkau…

        iya bener tinggal apa mreka mau kontribusi dan partisipasi di dalam gelaran motogp era modern ini.

        jaman sentul dulu era gp500 tahun 1997.

Silahkan Komentarnya Kangbro