Fully Seamless GearBox!!! Senjata Baru Yamaha untuk Menghambat Kedigdayaan Marquez

oleh

Bro dan sis pecinta MotoGP, keinginan Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo sepertinya akan segera terwujud. Keinginan apa sih?? Yup, keinginan mereka untuk memiliki SSG full pada m1 tunggangan mereka kini telah diapprove oleh para petinggi yang bekerja di Iwata, Jepang sana. Loh, emang selama ini SSG yang terpasang di yamaha M1 belum full ya? Iya benar banget masbro, sistem canggih transmisi ini pada motor tunggangan Rossi dan Lorenzo hanya bekerja pada saat Upshifting saja, dan tak bekerja pada saat downshifting. Jadi saat mengurangi gigi, Vale dan Jorge masih harus menekan tuas kopling.

yamaha-yzr-m1-clutch-fully-seamless-gearbox

Lantas, seberapa signifikan sih sistem transmisi model ini? Ingat, ini motoGP bro. gap 0.0xx saja akan sangat diperhitungkan oleh para pebalap dan engineer. Bagaimana tidak, dengan gap yang kelihatannya sekecil itu, akan sangat terasa jika dikalikan banyaknya tikungan dalam 1 lap, serta banyaknya lap yang harus dilakukan dalam 1 kali race. Terus, apa kerugian yamaha karena belum mengaplikasikan SSG yang full? Jelas sangat banyak masbro. Saat memasuki tikungan dan harus menurunkan gigi perseneling, Vale dan Jorge harus kehilangan momen sepersekian detik karena harus menekan tuas kopling dan juga adanya gejala back torque dari mesin yang mengakibatkan laju roda belakang jadi tersendat-sendat. Dan jelas ini sangat merugikan.

Bagaimana tidak, jelas terlihat di musim 2013 kemarin, Marquez bak anak panah yang selalu melesat dan sulit tertandingi pebalap-pebalap lain, bahkan Valentino Rossi pun harus berjuang mati-matian untuk bisa menjegal Marc. Nah, di awal musim 2015 ini sepertinya duo pebalap Movistar Yamaha tersebut dapat bernafas lega, karena Yamaha berjanji akan menghadirkan Full SSG mulai tes pramusim Sepang ke 2 tanggal 23 Pebruari nanti, Yamaha pun berharap, ini adalah the great weapon bagi mereka dan pebalapnya untuk mengganjal laju mulus Marquez dan membuat pertarungan di  kancah MotoGP semakin sengit.

So, jika SSG terbaru yamaha ini dapat bekerja dengan maksimal dan bisa mengalahkan laptime Marquez, bukan tidak mungkin tahun ini akan menjadi milik yamaha, dan Valentino Rossi lah kandidat terkuatnya.

gaya-agresif-valentino-rossi

Last, semoga balapan musim ini akan semakin seru… Jadi gak sabar nungguin race Qatar nanti..

Silahkan Berkomentar di bawah sini