Begini Mantabnya Handling All New Yamaha Vixion R. Soal ini Yamaha Emang Juara!!!

Diposting pada 923 views

 

Motomazine.com – Salam safety riding bro sis… Di artikel kali ini mmz bakal ngejembreng bagaimana mantabnya handling All New Yamaha Vixion R. Yup, meskipun memiliki basis desain sasis yang sama dengan generasi Vixion sebelumnya, namun feel dan handling All New Yamaha Vixion R ini asli meningkat drastis.

Yamaha Vixion R sendiri adalah sebuah produk terobosan yang bisa diposisikan sebagai versi premiumnya generasi Vixion. Mengusung mesin 155cc dengan teknologi VVA dan 6-percepatan, motor ini dibekali dengan sasis parimeter twin spar yang oleh Yamaha disebut sebagai Deltabox. Sejak generasi pertama 2007 silam pun Yamaha sudah menggebrak pasar dengan sasis Deltabox ini.

Baca juga:

Dan mau diakui atau tidak, menurut pengalaman mmz sasis deltabox pada Vixion series ini memang sukses memberikan perbedaan. Terutama pada handling yang jempolan. Desainnya yang berfungsi sebagai penggantung mesin mampu memberikan efek handling yang jitu.

Yamaha Vixion R setingkat di atas Vixion Reguler

Berdasarkan pengalaman pribadi mmz dengan generasi Vixion, si All New Yamaha Vixion R ini memang berbeda. Seperti yang kita ketahui bersama, Vixion R bisa dikatakan sebagai versi naked nya All New Yamaha R15. Bagaimana tidak, baik mesin dan kaki-kaki Vixion R sama plek dengan New R15. Hanya desain bodi dan suspensi depan saja yang membedakan.

Nah, beberapa part All New Yamaha R15 yang disematkan pada Vixion R inilah yang sukses memberikan diferensiasi Vixion R dibanding Vixion standar, terutama pada sisi handling. Selain sasis deltabox Yamaha Vixion R juga mengaplikasikan swingarm banana ala Yamaha R15 terbaru. Dipadu suspensi belakang dengan link, ayunan kaki-kaki belakang dalam meredam getaran dan menaklukkan kontur jalan maupun dipaksa bekerja cepat saat motor digeber di tikungan jadi lebih optimal.

Untuk yang satu ini mmz sudah membuktikannya sendiri saat touring tipis-tipis bareng teman mmz si pengguna Z900. Rute yang kami pilih dalam menguji kestabilan handling motor adalah Tawangmangu. Ya, bagi sampean yang belum tahu daerah Tawangmangu, daerah ini adalah kawasan wisata yang dipercantik dengan kontur jalanan berkelok-kelok, naik dan turun. Baik dari tanjakan dan turunan yang standar, hingga tanjakan dan turunan yang terjal ada di sana semua. Jadi untuk menguji handling si Vixion R ini, kawasan tersebut mmz rasa memang sangat cocok cak.

Bicara masalah handling pasti kita langsung ditarik pada kemampuan menikung, redaman suspensi depan, belakang , hingga pengereman. Dan jujur, bagian ini juga cak yang membuat mmz geleng-geleng kepala. Diajak rebahan walaupun belum semiring expert, si Vixion R ini sangat nurut masbro. Saat ngerem, redaman suspensi saat rem dilepas dan saat diajak merebah untuk menaklukkan tikungan yang ada, semua bekerja dengan luar biasa. Ya walaupun belum mampu menghabiskan bintil ayam di ban belakang, namun setidaknya itu sudah cukup mewakili feeling handling Vixion R.

Pengereman

Seperti yang sudah mmz tuliskan di atas, saat bicara handling kita pasti menyasar pada sisi pengereman. All New Yamaha Vixion R dibekali piranti ciet berlabel Nissin dua piston di depan dan single piston di belakang. Desain piringan cakramnya pun plek sama punya All New R15.

Dan hasilnya, seperti motor-motor Yamaha pada umumnya, feeling pengereman yang dihasilkan Vixion R bisa dibilang ciamik banget cak. Rasanya tuh empuk, namun tetep mampu mengurangi laju motor secara signifikan. Cakram belakang yang mmz rasa kurang pakem di generasi New Vixion Lightning pun tak saya dapatkan di Vixion R ini. Jangan salah, saya 2 tahun loh punya NVL..hehehe…

Last… Jika dinilai dari 1-10, mmz berani kasih  nilai 8,8 untuk handling All New Yamaha Vixion R. Kenapa mmz berani ngasih nilai segitu? Sebab rasa terhadap kemampuan handling yang diberikan Vixion R memang mantab habis masbro. Kenapa gak mmz kasih nilai 10? Karena memang ada sedikit PR di All New Yamaha Vixion R ini cak. Ban depan dengan size 90/80-17 rasanya sedikit kedodoran ngimbangin ban belakang yang jauh lebih gambot dengan ukuran 130/70-17. Ini sangat terasa sekali saat motor dalam kondisi rebah. Ban depan akan sedikit cepat kehilangan traksi saat ban belakang sudah diajak miring maksimal.

So… hal itu juga yang pengen mmz share ke sampean semua cak. Kalau misalkan pengen cornering atau iseng-iseng miring pake All New Yamaha Vixion R, koentjinya jangan kelewat PeDe. Oke, handling secara keseluruhan memang jempolan. Dan inilah yang biasanya memancing kita untuk lebih rebah lagi dan bisa saja membuat kita loss control. Dan saat anda kelewat PeDe, inilah yang sangat berbahaya. Anda bisa kehilangan cengkeraman ban depan. Jangan bilang-bilang, saya juga hampir kehilangan grip ban depan..hehehe…

Oh ya, untuk ban depan All New Yamaha Vixion R ini saya kok jadi penasaran, bagaimana kalau ban depannya diganti dengan ukuran setingkat lebih gede, 100/80-17.  Mungkin feel nya bakal lebih juoss gandos lagi… Syukur-syukur ganti merk jadi Michelin Pilot Street, Bridgestone Battlax S21 atau Pirelli Diablo Rosso :mrgreen: Halah malah iklan.. Udah ah, sekian dan semoga berguna… (mmz)

=============

Lebih dekat dengan Motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • Youtube channel: Motomazine
  • WA: 085233819298
  • BB: D8DCFC9A

 

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

7 thoughts on “Begini Mantabnya Handling All New Yamaha Vixion R. Soal ini Yamaha Emang Juara!!!

  1. Terima kasih buat V-ixion dan Yamaha yg telah mendorong kemajuan motor sport tanah air sejak dekade lalu 😀

      1. Habis baca review lengkap sampean barusan, yakin saya ini motor oke. Cuman, kurang ganteng dikiiiit hehehehe.. Masalah penampilan sedikit lebih cakep CB150R.

      2. ah ya gak juga, model tangki cb150r kurang suka ane gan, kelihatan monoton.
        sama rangka merah yg mencolok itu.

Mari berbagi komentar di sini