Test Ride All New Honda CBR250RR. Power dan Handling serba Terkontrol…!!!

Diposting pada 156 views

image
Test ride All New Honda CBR250RR

Motomazine.com – Salam safety riding bro sis.. Beberapa waktu lalu MMz mendapatkan kesempatan berharga yaitu undangan dari pemilik All New Honda CBR250RR pertama di kota Reyog, Ponorogo. Adalah bro Heven, yang telah dengan mantab memboyong satu unit motor kelas seperempat liter terbaru dari Honda ini. Pemuda berkacamata ini sebelumnya pernah MMz temui saat berbarengan menghadiri undangan saat soft launching All New Honda CBR250RR di dealer MPM Motor Ponorogo.
Yup, tak perlu banyak mukadimah, intinya MMz langsung meluncur ke rumah beliau. Setelah berbincang dan menatapi centi demi mili tubuh molek sang CBR250RR, maka tibalah saatnya untuk menggahinya. Naik ke atas pelana (jok), untuk kemudian bercengkerama menyusuri jalanan syahdu berselimut mendung di sore itu :mrgreen:
Pertama kali duduk di atas joknya, langsung membawa ingatan MMz kala pertama kali berkenalan dengan Kawasaki ZX6R milik teman. Apalagi saat tangan mulai meraih stang, asli… Sensasinya serupa, hanya saja dimensinya sedikit lebih mungil.
Ergonomi
image
Kaki menapak penuh ke tanah

Seperti yang sudah MMz kutip di atas, dengan ketinggian jok 790mm, untuk ukuran tinggi badan 178 cm/70 kg, kaki mampu menapak dengan sempurna di tanah. Yup, sontak kepercayaan diri muncul. Paling tidak rasa takut tak kuat menahan beban berat motor langsung sirna. Sebab perlu bro sis ketahui, dengan bobot 165 kg untuk versi standar, asli motor ini terasa cukup berat saat harus diajak maju mundur untuk melakukan putar balik. Posisi stang underyoke memang memaksa kita untuk membungkuk, bahkan posisinya akan lebih merunduk dibanding New Honda CBR150R. Lanjut…
Performa
Nah ini yang patut menjadi catatan. Dijejali berbagai fitur canggih, bahkan paling canggih dibanding rival-rival sekelasnya, sukses membuat MMz kagum dengan performa yang ditawarkan All New Honda CBR250RR ini. Fitur Ride by Wire dipadu dengan 3 tipe Riding Mode manjadikan All New Honda CBR250RR begitu berbeda. Yes, it’s like a baby big bike (gumam saya dalam hati). Pertama kali kontak dihidupkan dan mesin dinyalakan, suara khas motor dual silinder langsung merdu terdengar. Dengan muffler model 2 moncong, membuat suara All New Honda CBR250RR ini sedikit lebih ngebas, halus, namun melengking kala throttle dibuka.
Masuk ke gigi satu (saat itu dalam mode sport), buka gas secara perlahan tenaga si CBR250RR ini langsung terasa. Garang, namun tak mengintimidasi, sangat pas dengan jargonnya, “Total Control”.
Naik ke jalanan untuk kemudian mengurut gas dan melakukan shifting demi shifting, sungguh menantang nafsu untuk membuka gas dalam-dalam. Raungan mesin dua silinder yang keluar dari knalpotnya, dipadu ‘desisan’ merdu dari mesin semakin menyempurnakan sensasi berkendara di atas All New CBR250RR. Sayang, karena ini motor milik konsumen, MMz pun memperlakukannya secara wajar. No geber, no bleyer, no wheelie, no apalah yang aneh-aneh pokoknya. Toh dengan riding ala kadarnya saja sudah membuat MMz terpesona.
Meter demi meter jalan dilalui, tibalah saatnya bagi MMz mencoba 3 mode ridingnya. Caranya cukup mudah, hanya dengan menyentil tombol di sebelah kiri depan panel stang (kalau motor biasa sih fungsinya sebagai pass beam) dan kemudian menutup throttle, maka otomatis riding mode akan berpindah. Jika tadi saat MMz berangkat sudah berada di mode sport, maka dengan sekali tekan mode berkendara pun pindah ke sport +. Dan hasilnya, mak jenggirat, itu kalau bahasa Jawa. Artinya terkejut sih, cuma lebih nendang terkejutnya. Power yang sudah cukup mumpuni tadi tetiba terkerek naik begitu drastis. Raungan mesin langsung meninggi, diiringi dorongan tenaga yang begitu menyentak. Wes, kalau gak inget umur, eh motor pinjeman 😆 bisa langsung lupa diri, dijamin.. Hehe..
Karena mengingat situasi di atas, ditambah rintik hujan yang mulai turun akhirnya memaksa MMz untuk menurunkan hasrat. Yup, colek pemindah mode lagi, tutup gas sekali lagi, dan mode berpindah ke comfort. Saat inilah MMz kembali dibuat tertegun sesaat. Kenapa, sebab begitu tulisan di speedometer menunjukkan kata comfort, tenaga si CBR250RR ini begitu saja tercekik, layaknya aliran air di pipa, bagai begitu saja disumbat. Alhasil, power yang dihasilkan jadi begitu lembut. Sangat jauh dari dua mode sebelumnya. Bagi biker maaf ‘pemula’, atau sedang berkendara di kondisi hujan, mode berkendara jenis ini jelas sangat membantu. Jika dikomparasikan, tenaga yang dihasilkan ibarat sebesar motor-motor kelas 150cc saja. Asli, power delivery ke ban belakang pun terasa begitu halus. Di sinilah MMz dibuat tercengang, hingga berani mengacungkan dua jempol khusus untuk pilihan riding mode yang dibenamkan Honda ke All New CBR250RR ini.
Untuk akselerasi, dibanding dua rivalnya, All New CBR250RR rasanya jauh lebih nampol. Tenaga dari gear per gear terasa terus mengisi, bahkan nyaris tak ada gejala ngelos sama sekali (mode sport dan sport +).
Handling
Senada dengan filosofi Total Control, handling yang ditawarkan All New Honda CBR250RR memang cukup mengejutkan. Bodi bongsor serta bobot beratnya saat diam nyatanya begitu saja sirna tatkala motor sudah benar-benar berjalan. Semua seperti menyatu, mengikuti apa yang kita mau. Kalau kata Marquez sih, “Saya menginginkan mesin (motor) yang mau mengikuti perpindahanku” (TVC CBR150R). Dan itu memang terbukti di All New Honda CBR250RR.
Desain tangki yang compact nyatanya mampu memberikan sumbangsih cukup signifikan. Paha begitu leluasa dan mudah mengapit sisi tangki. Baik saat melaju lurus maupun cornering. Sayang, dikarenakan kondisi hujan serta ban yang masih bawaan, OEM pabrikan, kembali menyiutkan nyali MMz untuk rebah lebih dalam. Motor 63 jutaan bro.. Bisa berabe kalau sampai slip. Namun meskipun begitu, feeling handling motor di tikungan sudah sangat terasa jempolan. Untuk ekslpor lebih dalam lagi, rasanya Honda memang perlu meminjamkan salah satu unit All New Honda CBR250RR untuk test ride harian nih.. Hehe.. Ngarep.. :mrgreen:
Lanjut, ke masalah pengereman. Meskipun unit yang MMz coba ini adalah versi standar, bukan ABS, namun kinerja disk brake depan dan belakangnya sudah cukup maksimal. Mencoba mengeksplor sedikit powernya (tembus 109 kpj di video terlampir) dan harus mengerem sejadinya akibat late brake jelang tikungan, motor begitu saja stabil. Tak ada gejala limbung ataupun ngesot dari ban belakang. Dan ajibnya, sama persis dengan pengakuan si owner, bro Heven, tenaga sang kuda besi ini seperti langsung ter-cut dan rpm turun begitu cepatnya. Tek, tek, tek… Semacam itulah rasanya.. Alhasil, pengereman jauh lebih maksimal. Sebab raungan mesin akibat gas ditutup yang biasanya menyisakan sedikit dorongan ke depan hilang begitu saja. Perlu dicatat, momen ini MMz lakukan dengan kondisi jalan menurun. Estimasi sekitar 35-an derajat lah.
image
Topspeed yang sempat MMz raih

Selain kinerja rem dan mesin yang cukup mumpuni, tentu kita juga tak bisa mengesampingkan performa shock depan upside down dan lengan ayun alumuniumnya. Sebab, dua piranti ini tentu juga memberikan sumbangsih besar dalam menjaga All New CBR250RR ini tetap stabil dan in control.  Oh ya hampir lupa, posisi stang underyoke-nya mau tak mau membuat kita sedikit repot saat hendak putar balik di kondisi jalanan sempit. Sebab, stang mentok ke tangki. Tapi jangan bingung, motor sport kan memang begitu.. Hehe…
Last.. Dengan harga mulai Rp63 jutaan rasanya anda memang pantas mendapatkan performa layaknya yang ditawarkan oleh All New Honda CBR250RR. Power yang tembus di angka 37,8 PS@12.700 rpm dan torsi sebesar 13,3 Nm@11.000 rpm mampu dengan apik dipilah dan dimanfaatkan potensinya oleh 3 mode riding yang diberikan. Mulai dari mode comfort, sport dan sport + yang masing-masing mempunyai ciri dan kelebihan masing-masing. Test ride yang MMz lakukan adalah seijin sang owner, sekaligus dilakukan di area yang cukup aman dengan mengenakan piranti lengkap seperti helm, jaket, celana panjang dan sepatu. Terima kasih untuk bro Heven, selaku pemilik All New Honda CBR250RR yang MMz tes, sekaligus ditunggu untuk agenda berikutnya… All New Honda CBR250RR, The Absolutely Total Control.. !!!
image
Test ride All New Honda CBR250RR

Lebih lengkapnya silahkan bro dan sis tonton videonya berikut ini… Mau share? Boleh.., komentar? Monggo… Subscribe? Apalagi….  dipersilahkan dengan senang hati… (MMz)

18 thoughts on “Test Ride All New Honda CBR250RR. Power dan Handling serba Terkontrol…!!!

      1. Mantab jiwa tuh dipopulerkn sama ank surabaya, foto2nya yg hits pke jempol itu loo kang, artinya y mantap banget, cm biar lain dr yg lain ditambahin jiwa..

Silahkan Komentarnya Kangbro