Suzuki GSX-R150 Paling Kencang dibanding Dua Kompetitornya Mungkinkah dijadikan Patokan Power Motor 150cc ke depan?

Suzuki GSX-R150 yang sempat MMz gunakan sebagai unit daily test ride

Motomazine.com – Salam safety riding bro sis.. Sudah layak menjadi kebiasaan di Indonesia setiap ada motor baru keluar, apalagi yang memberikan iming-iming power beringas, pasti akan dicompare dengan kompetitor sdi kelas yang sejenis. Dan benar saja, pasca Suzuki meluncurkan GSX-R150, motor sport berfairing tersebut langsung diewer-ewer ngalor ngidul guna dibandingkan dengan dua kompetitornya di kelas sport sarungan. Siapa lagi kalau bukan New Honda CBR150R dan Yamaha R15. But wait, di sini komparasi berlaku pada old Yamaha R15, bukan yang new, sebab walaupun sudah diperkenalkan pada publik toh nyatanya unit belum ready di pasaran.

Dan benar saja, untuk membuktikan siapa yang paling powerful diantara ketiga motor sport berfairing tersebut, otomotifnet, selaku salah satu media besar tanah air, melakukan pengujian langsung terhadap Suzuki GSX-R150 untuk kemudian hasilnya diperbandingkan dengan Yamaha R15 dan New Honda CB150R.

Hasilnya..?? Jelaslah masbro.. pasti bisa tertebak dengan mudah. Secara di atas kertas, Suzuki GSX-R150 yang  bermesin 150cc DOHC 6 percepatanlah yang memiliki power paling besar (19,1 PS). Bandingkan dengan dua rivalnya yang hanya bermain power di angka 17 PS-an. Dari pengujian yang dilakukan oleh rider yang sama, otomotifnet mendapati hasil dimana Suzuki GSX-R150 hampir selalu unggul di semua lini parameter pengukuran. Baik akselerasi 0-60 km/jam, 0-80 km/jam, 0-100 km/jam, 0100 m, 0-201 m, 0-402 m, serta topspeed yang mampu dihasilkan.

1488361581_komparasi-akselerasi-suzuki-gsx-r150-vs-cbr150r-vs-r15

data dari otomotifnet

Dari data di atas sangat terlihat, ternyata power yang ditawarkan oleh si GSX-R150 ini tak hanya penggertak untuk membuat lawan keder. Keunggulan power di atas kertas tersebut ternyata mampu diejawantahkan secara apik saat ketiga motor diadu secara real dilintasan.

Untuk hal ini,MMz sejatinya juga sudah membuktikan langsung. Dengan salah satu motor fairing kompetitor, dan ini real terjadi akibat si pengendara tersebut sangat pensaran dengan motor test ride yang MMz semplak kala itu. Maaf, MMz gak akan cerita banyak. Sebab kesemua itu akan menyangkut pada urusan keamanan, dan safety riding. Hal itu terjadi tak lain hanya untuk mengetahui seberapa kuat GSX-R150 ini jika dibanding produk lain.

But.. terlepas dari semua itu..Rasanya semakin ke sini kok pabrikan semakin berlomba untuk memperkencang motor produksinya ya? Apakah hal ini tak justru membuat bahaya lebih bagi si rider, terutama rider-rider yang baru “pertama” merasakan betapa kencangnya motor sport. Saat MMz mampu menorehkan raihan topspeed di angka 138 kpj dengan New Honda CBR150R saja sudah cukup dibuat merinding. Lha ini, dengan Suzuki, yang menurut otomotifnet mampu diajak berlari hingga 148 kpj, MMz juga pernah membawanya berlari hingga 145 kpj. Belum lagi all New Yamaha R15, yang katanya power maksimalnya juga bermain di angka 19 PS an, hmmm… entahlah.. yang pasti, bersiaplah untuk menerima motor-motor sport yang semakin ke sini semakin kencang. Sebab, jika Suzuki dan Yamaha sudah bermain di angka 19 PS, bukan tak mungkin Honda juga akan merombak CBR150R sehingga memiliki kekuatan yang sama dengan dua rivalnya tersebut..

Motomazine saat touring bareng New CBR150R

Last.. dari pengetesan yang dilakukan otomotifnet, wajar memang jika Suzuki GSX-R150 ternyata lebih kencang dibanding dua kompetitornya… Namun apakah ATPM akan terus-terusan berlomba mengumbar power dengan menjadikan GSX-R150 sebagai patokan…??? (MMz)

===============

Punya pertanyaan atau ingin berbagi pengalaman? Tulis saja di:

  • motomazineblog@gmail.com
Iklan

Tentang motomazine

Pecinta Dunia Otomotif yang sedang belajar sharing di dunia maya.Apapun asalkan berhubungan dengan mesin, roda dua, roda empat pebalap, dan kehidupan manusia akan selalu senang untuk saya perbincangkan
Pos ini dipublikasikan di New Bike, Tak Berkategori dan tag , , , , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke Suzuki GSX-R150 Paling Kencang dibanding Dua Kompetitornya Mungkinkah dijadikan Patokan Power Motor 150cc ke depan?

  1. Hr15de berkata:

    Angka 19 an hp seperti nya bakal bertahan bbrp saat. CBR150R pun kalau di update ya kemungkinan besar di kisaran itu.
    Sebenarnya menurut saya lebih asyik kalau salah satu pabrikan bikin kelas baru. Sport fairing 200cc twin cylinder? Why not?

    Disukai oleh 1 orang

Silahkan berkomentar.. Monggo...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s