Jangan Kaget, Berikut Impresi Long Trip Riding bareng Honda Sonic 150R

Diposting pada

Motomazine touring bareng Sonic 150R


Motomazine.com – Salam safety riding bro sis.. Akhir bulan Maret lalu Motomazine berkesempatan menjajal ketangguhan Honda Sonic 150R dan boyok (baca:pinggang) guna melakukan long trip riding dari kota Reyog menuju kota Surabaya. Bersenjatakan Honda Sonic 150R dari PT. Mitra Pinasthika Mustika (MPM) Honda Ponorogo, kali ini MMz benar-benar mendapatkan data real, tentang ergonomi, handling serta performa yang ditawarkan oleh motor bergenre ayam jago yang mengusung Al Ghazali sebagai brand ambassador-nya ini…

Pertama melihat bentuk dan posisi riding sang ayago, sontak pikiran diseret pada bayangan tentang bakal pegelnya punggung, tangan dan kepala. Namun begitu MMz coba duduk, ternyata apa pikiran yang terbayang itu pun perlahan sirna. Apalagi setelah mencoba mengendarainya untuk beberapa kilometer pertama, rasa pegelyang terbayangkan itupun tak begitu saja menghampiri. Semua memang butuh teori, dan untuk mensiasatinya, anda harus pandai-pandai mengatur posisi duduk agar mendapatkan bopos senyaman mungkin. FYI, spesifikasi MMz adalah 178 cm/73 kg.
Kilometer demi kilometer terus terlalui. Dan herannya, bukannya tambah pegel, badan justru semakin bisa menyatu dengan sang ayago. Alhasil, berbagai kondisi jalan mampu terlalui dengan mudah. Hanya saja, akibat penggunaan ban yang bisa dibilang mini (70/90-17 depan dan 80/90-17 belakang) memaksa kita untuk lebih berhati-hati kala ingin sedikit cepat dalam melahapt tikungan. Selebihnya it’s OK. Tak ada gejala ngebuang dari roda belakang, maupun kurangnya cengkeraman pada area depan.
Untuk urusan tenaga, wes dijamin anda tak akan kedodoran walaupun harus menghadapi berbagai macam kontur jalan. Karakter mesin DOHC near square 150cc dengan 6 percepatannya mampu nyembadani hampir semua lekukan, tanjakan maupun turunan yang ditawarkan. Loh kok jalanannya bervariasi banget begitu? Lha ia lah masgan… Wong saya berangkatnya via jalur selatan. So, dari Kota Reyog melipir dulu ke Tulungagung, lanjut Kediri untuk selanjutnya gas Surabaya. Kenapa,sebab di situlah sahabat-sahabat MMz menanti. Dan karena sudah seia sekata untuk selalu bersama (halah :mrgreen: ), apapun selalu kita lakoni bersama. Dengan syarat memang bisa datang ke event yang sama semua… hehehe..
Selebihnya untuk urusan handling, pengereman dan tetek bengek lainnya rasanya wajar seperti biasanya. Intinya baik rem depan dan belakang cukup pakem dan tak ada gejala ngunci saat harus dibejek habis-habisan guna menghentikan laju motor.

Saat Honda Sonic 150R sampai di Surabaya

Last… overall performa Honda Sonic 150R ini bisa dikatakan cukup jempolan meskipun diajak berlari untuk jarak yang jauh. Karakter mesin Honda yang semakin enak kala suhu mesin sudah menemukan titik ideal terbukti maksimal di Honda Sonic 150R. Kekhawatiran akan rasa pegal yang mendera pun terbantahkan. Hanya saja sedikit rasa “panas” di area “belakang” yang sedikit terasa… hehe… (MMz)
Baca Juga

Punya pertanyaan atau ingin berbagi pengalaman? Tulis saja di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • WA: 085233819298
  • BB: 524dbd4e

 

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

13 komentar

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini