Cara Setting Jam Tangan Dual Time (Analog + Digital)

oleh

image

Motomazine.com – Salam safety riding bro sis.. Langsung saja sesuai judul, kali ini MMz akan berbagi pengalaman yang baru saja MMz dapatkan pasca keponakan menerima jam tangan dari ibunya yang saat ini sedang bekerja di Taiwan.
Jadi begini, jam tangan tersebut sampai ke rumah melalui jasa pengiriman. Setelah unboxing, eh ternyata jam tersebut merupakan tipe dual time. Okelah, bagi sebagian arloji yang kita punya, biasanya jam tangan tipe ini dibekali dengan knop pemutar (untuk setting jam analog) serta tombol-tombol di samping kiri dan kanan bodi jam tangan untuk mengatur penunjuk waktu analognya. Untuk urusan ini, jangankan sampean, anak kemarin sore yang baru belajar membaca pun sudah pandai melakukannya :mrgreen:

image

Namun untuk kasus yang MMz alami ini sedikit berbeda dan butuh sedikit memutar otak. Bagaimana tidak, knop pengatur jam analog yang seharusnya ada di sisi kanan dan kiri bodi jam ternyata nihil bro sis.. Waduh…. Mana ponakan dah gak sabaran pengen pakai lagi…

image

Ya sudah, berbagai eksperimen pun dilakukan. Semua tombol dipencet-pencet hingga akhirnya mentok… “Syiemb…, it doesn’t work”, gumam saya dalam hati.. Namun karena dipicu rasa penasaran, MMz pun tak menyerah sampai disitu. Masing-masing tombol saya pencet dengan waktu yang cukup lama (-+ 5 detikan). Entah ini efek dari seringnya mengoperasikan handphone touchscreen atau apa, tapi nyatanya ada satu tombol yang bekerja seperti apa harapan MMz. Penasaran…? Monggo disimak…
Tombol

image

Ada empat buah tombol penyetel layaknya jam-jam digital atau dual time lainnya, diantaranya adalah tombol LIGHT (A), REVERSE (B), MODE (C), dan FORWARD(D). Ingat, nama dan letak masing-masing tombol bisa berbeda untuk masing-masing arloji, berdasarkan pada merk dan tipe tentunya.


Cara Setting Waktu Digital Arloji Dual Time
√ Tekan dan tahan tombol B (Kanan Atas) selama 5 detik sampai angka digital berkedip-kedip
√ Tekan Mode Tombol C (Kiri Bawah) untuk pindah-pindah pengaturan jam, tanggal, bulan, hari dsb.
√ Tekan tombol D (Kanan Bawah) untuk pilih waktu/tanggal
√ Jika sudah selesai tekan tombol B (Kanan Atas)
Namun kalau tombolnya berbeda, intinya sampean musti melakukan hal-hal sebagai berikut:
Tekan salah satu tombol yang mana saja (asal bukan LIGHT) selama lima detik hingga penanda digital berkedip-kedip. Jika setelah ditekan selama lima detik namun angka digital tak berkedip, berarti anda salah tekan.
Setelah anda menekan salah satu tombol dan angka digitalnya berkedip, berarti anda tinggal melanjutkan cara selanjutnya dengan memilih jam, menit, hari, tanggal, dsb.
Oh ya bro sis.. Pasca melakukan setting di atas (dengan catatan anda benar melakukannya), maka dengan otomatis jarum penunjuk jam analognya akan berputar
dan berhenti tepat di angka yang sudah sampean tentukan/atur sebelumnya..
Bagaimana…? Sudah gamblang toh..? Ternyata gak sulit kok setting jam tangan dual time (Analog+Digital).. Sekian.. Dan semoga berguna :mrgreen: (MMz)
==============
Punya pertanyaan atau ingin berbagi informasi? Kirim saja ke:
• motomazineblog@gmail.com

16 thoughts on “Cara Setting Jam Tangan Dual Time (Analog + Digital)

Silahkan Berkomentar di bawah sini