MotoGP: Yang digugat Bukan Hasil Race Qatar, tapi “Sendok” Ducati

Diposting pada 124 views

MOTOMAZINE.COM – Kangbro, gonjang-ganjing perihal gugatan yang dilayangkan 4 pabrikan terhadap Ducati ternyata makin melebar dan menimbulkan banyak opini. Dan dari kabar terbaru, akhirnya diketahui bahwasannya yang digugat kolaborasi empat pabrikan itu adalah “sendok” Ducati, bukan hasil race Qatar. Jadi perlu diketahui dan digarisbawahi, yang digugat adalah aeroswingarm, bukan hasil race.

Sebelum kasus gugatan sendok Ducati ini makin meruncing, di luaran sana sempat beredar isu bahwa hasil race Qatar bisa saja dibatalkan. Ini sebagai konsekuensi jika aeroswingarm Ducati nanti benar-benar dibanned.

Tapi nyatanya itu tidak benar. Via Paddock-GP, mmz mendapat penjelasan dari om Massimo Rivola, si pimpinan balap Aprilia, bahwa yang digugat hanyalah aerowing milik Ducati, bukan hasil race Qatar.

Hari ini sidang terkait aerowing Ducati

Hari ini Jumat (22 Maret 2019) di markas FIM akan diadakan sidang terkait sendok di swingarm Ducati. Keempat penggugat dikabarkan ikut hadir dalam persidangan ini. Mereka adalah Massimo Rivola dari Aprilia, Davide Brivio dari Suzuki, Mike Leitner dari KTM, dan Alberto Puig dari Honda. Tak lupa pihak tergugat yakni Luigi Dall’igna dari Ducati juga ikut dihadirkan di persidangan.

Adapun pihak FIM akan menghadirkan 3 hakim diantaranya Comission Director Anand Sashidharan, Lars Nilsson, dan Sakari Vourensola. Diketahui ketiganya berbasis pengacara. Yang artinya sama sekali tak tahu menahu soal aerodinamika. Mereka akan mencari pengadilan sesuai hukum tertulis di regulasi FIM dan bukti-bukti yang ditemukan saja.

Last, sebelumnya Aprilia, Honda, Suzuki dan KTM melayangkan protes atas aero swingarm yang dipakai Ducati saat lakoni balap Qatar. Mereka menolak penjelasan Dall’igna yang menyebut komponen tersebut berfungsi mendinginkan ban.

winglet bawah ducati motomazine.com

Pihak penggugat lebih yakin piranti aerodinamika tersebut punya efek pada downforce dan membantu grip ban belakang saat motor melaju kencang.

Setelah apa yang dilontarkan Bagnaia mengenai fungsi winglet, sepertinya cukup beralasan juga jika akhirnya penggugat melayangkan gugatan.

Oh ya, hasil sidang akan diumumkan kemudian. Yang pasti sebelum race Argentina pekan depan. So, akankah penggugat menang? Atau Ducati yang menang? Semoga kalau Ducati menang tak lantas membuat pabrikan lain ikut mengaplikasikan sendok tersebut di swingarm motor mereka. Semoga berguna… (mmz)

5 thoughts on “MotoGP: Yang digugat Bukan Hasil Race Qatar, tapi “Sendok” Ducati

Silahkan Komentarnya Kangbro