Aprilia Sudah Ngetes Aeroswingarm dan Bakal Nampil di Jerez

Diposting pada 36 views

MOTOMAZINE.COM – Salam safety riding… Pabrikan Noale Aprilia akhirnya ikut nyemplung pakai aeroswingarm atau yang disebut sendok di bawah arm milik RS-GP. Yap, piranti fenomenal ini baru dicangkokkan di tunggangan Andrea Iannone dan Alexi Espargaro saat Aprilia jalani tes privat, Senin, di COTA. Menariknya, menurut Romano Albesiano, piranti pendingin ban belakang ini akan dipakai saat mereka lakoni balap di Jerez mendatang.

Awal mula hadirnya Aeroswingarm ini sempat menjadi polemik berkepanjangan. Andrea Dovisiozo dan Ducati yang menangi MotoGP Qatar dituduh berlaku kurang fair karena memakai piranti tambahan yang menurut KTM, Aprilia, Suzuki dan Honda punya fungsi lain, downforce.

Direktur balap Ducati Luigi Dall’igna sudah berulang kali membantah pernyataan tersebut, dan mengatakan aeroswingarm itu hanyalah part untuk mendinginkan ban belakang. Akan tetapi semakin ke sini, setelah pihak Race Director meloloskan piranti tersebut, beberapa pabrikan penentang jadi latah pengen make.

Dan syaiknya nih Om, Ducati sendiri, lewat OM Gigi akhirnya mengakui jikalau aeroswingarm tersebut memang memberikan efek downforce. Ya walaupun lagi-lagi itu dianggap bonus karena tujuan utamanya mendinginkan ban belakang. Jiabang bajul tenan…wkwkwk

Nah, berbekal lampu ijo yang dikasih Danny (Aldridge), akhirnya Aprilia berinisiatif untuk memakaikan part tambahan swingarm tersebut. Dan di COTA, di tes privat kemarin, pembalap-pembalap Aprilia sepakat memberikan feedback positif. Artinya piranti tersebut bekerja baik.

Secara bentuk, dari gambar terlampir kita bisa melihat part aeorswingarm yang dipakai Aprilia sangat mirip dengan milik Ducati yakni tersusun atas tiga kisi-kisi pengalir udara. Itu sedikit berbeda dengan yang dipakai Marquez di FP beberapa waktu lalu. Honda juga sempat memasangkan aeroswingarm di RC213V namun dengan satu kisi saja.

aeroswingarm Honda RC213V Marquez

So, kita lihat saja akan seperti apa perkembangan MotoGP ke depan. Akankah motor-motor prototype tersebut bakal penuh dengan piranti pembantu aerodinamika? Atau justru kembali ke bentuk asli ala-ala sebelum 2014 yang tanpa winglet?

Entahlah, kita tunggu saja kelanjutannya. Sebab secara terang-terangan KTM sangat menentang adanya aerowing, sementara Ducati sangat konsen dan memandang penting piranti tersebut… Oh ya, Valentino Rossi kabarnya juga mendesak Yamaha untuk menghadirkan aeroswingarm di YZR-M1. Hmmmm… Semoga berguna… (mmz)

Silahkan Komentarnya Kangbro