Sekelumit Bocoran CBR250RR Facelift. Awas Ngiler

Diposting pada 3.583 views

cbr250rr giias motomazine.com

MOTOMAZINE.COM – Hot lagi, anget dari pemanggangan kue Serabi. Yaps, kali ini mmz mau ngebahas sedikit bocoran tentang Honda CBR250RR. Kok sedikit? ya namanya bocoran Lek, kalau banyak grojok namanya…wkwkwk…

Jadi beritanya nih, kabar terbaru yang berasal dari negara Naruto sana, si CBR250RR bakal kena facelift lagi. Gak tanggung-tanggung, sebab kabarnya facelift gak hanya melulu pada sisi tampilan saja, tapi juga peningkatan performa dapur pacu. Ngiler…?? Tahan sek mas…

Emang apa sih bocoran facelift CBR250RR nanti?

Berdasarkan info yang mmz himpun dari blognya Lek IWB, CBR250RR bakal kena facelift di beberapa bagian antara lain:

1.Dashboard

Tampilan dashboard CBR250RR bakal mendapat sentuhan baru terutama pada area speedometer. Kayaknya sih menganut modelnya CBR500R terbaru atau CB650R Neo Sport Cafe. Kotak gitu lah pokok bentuknya. Imho sih emang lebih asyikan speedometer kotak daripada bulet.

kemungkinan bentuk speedometer CBR250RR facelift

2. Mesin

Gak akan banyak ubahan sih pada area mesin. Dikabarkan pembaruan hanya akan menyasar pada perbaikan jalur oli mesin. Namun di sebalik itu tersiar bocoran knalpot bakal mendapat pembaruan terutama hadirnya chamber dan ubahan pada silincer.

Yoi, silincer double yang sekarang diusung CBR250RR kemungkinan akan dilengserkan dan diganti dengan silincer tunggal. Jadi nanti mekanismenya kemungkinan akan 2 pipa dari silinder, mengumpul jadi satu di chamber, terus ke belakang pisah lagi jadi dua pipa, nah baru  masuk dalam satu silincer.

Lebih jauh satu pipa bakal los tanpa sekat, pipa satunya baru meliuk-liuk mengejar emisi gas buang supaya lolos standarisasi EURO.

3.  Smart Key

Honda CBR250RR facelift juga akan mendapat pembaruan di piranti keamanannya. Makin canggihnya teknologi yang diusung Honda mengisyaratkan CBR250RR nanti juga akan dijejali dengan keyless aka smart key-nya Honda.

Wajar sih, terobosan ini sepertinya untuk menyamai KIPASS yang juga telah disematkan oleh Kawasaki di Ninja 250 edisi tertingginya.

4. Slipper Clutch dan Quick Shifter

Menguatkan aura racy-nya Honda CBR250RR juga akan disematkan slipper clutch dan quick shifter. Setidaknya itu yang didapat dari bocoran media Jepang sana.

Dan jika benar si baby RR mengusung dua piranti ini, wes dipastikan sampeyan akan terkewer-kewer. Apalagi yang suka track day nih… Wes pasti akan menanti-nantikan banget. Soalnya buat sampeyan penyuka ‘serba cepat’, si slipper clutch ini akan membantu banget terutama saat perpindahan gigi.

Dengan adanya slipper clutch maka tarikan tuas kopling akan lebih enteng, kemungkinan selip gigi juga bakal terminimalisir, dan gejala back torque di roda belakang juga akan minim. Alhasil upshift atau bahkan downshift bisa dilakukan bebas bahkan saat motor masih dipakai melibas tikungan.

Apalagi dengan disematkannya quick shifter. Rider bakal lebih bebas lagi mengeksplor kemampuan si CBR250RR karena saat tambah gigi sampeyan tidak perlu lagi narik tuas kopling. Nah, manteb toh…

Last, keempat update kemungkinan facelift Honda CBR250RR ini juga bakal diimbangi dengan hadirnya cruise control dan juga berkurangya bobot mati si CBR250RR. Bisa jadi turunnya bobot ini akibat direvisinya desain knalpot yang semula mengusung dua pipa menjadi satu pipa silincer saja.

So, kita tunggu saja bakal seperti apa CBR250RR facelift nantinya? Apakah bener akan se-advance bocoran tersebut di atas? Atau justru ubahan minor saja? eh iya, spion kabarnya juga akan dimodel kayak moge, ada seinnya. Semoga berguna… (mmz)

Silahkan Komentarnya Kangbro