373 Kilometer bareng ADV150. Nih Impresi Lengkapnya

Diposting pada 208 views

MOTOMAZINE.COM – masbro, lengkap sudah dolan bareng ADV150. Sebelumnya mmz ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada PT. Mitra Pinasthika Mustika (MPM) Reyog yang telah sudi meminjamkan unit Honda ADV150 untuk saya review. Gak banyak sih, dengan 5 hari kencan saya berhasil bukukan 373 kilometer bareng ADV. Dan dari situ banyak sekali hal-hal baru yang  saya dapatkan dari motor premium 150 cc bertema manly ini.

Performa

Pasti yang banyak orang ingin ketahui dari Honda ADV150 adalah performanya. Secara 150 cc seharga 34 jutaan om, pasti ekspektasi orang-orang ingin motor yang luar biasa. 34 jutaan setara CBr150, ya paling tidak senilai CBR lah tenaganya. Mungkin begitu.

Tapi jangan kaget, aslinya ya gak begitu. Secara ini motor matik Om. Mau sampeyan genjot sampai speed berapa emange? Toh segmentasinya juga skutik. Jadi gak akan banyak yang bisa sampeyan harapkan dari topspeed. Tapi terlepas dari itu, nih skutik tetep asyik kok. Tetep jadi pusat perhatian saat sampeyan geber.

Kalau sampeyan penyuka Adventure, lantas mengharapkan tarikan yang ganas dari si ADV150, sebaiknya anda tahan nafsu dulu. Sesuai peruntukannya.. Motor ini Advance masbro, bukan Adventure. Jadi kalau sampeyan mengharapkan tarikan agresif bikin kaget, ya gak akan sampeyan dapatkan di ADV ini.

Tenaga Honda ADV150 ini bisa dibilang cenderung linier. Bawahnya emang sedikit lebih nyentak dari PCX. Boleh lah buat berkomuter selap selip di perkotaan. Karena handlingnya lumayan sigap untuk motor sebesar itu.

Handling

Nah ini, salah satu yang mmz paling suka dari ADV150 adalah handlingnya. Motornya jangkung, posisi berkendara mayan sporty, jadi feelnya enak. Buat sampeyan  yang terbiasa dengan matic kecil mungkin akan sedikit kaget dengan feeling stang depannya. Rodo abot Om…

Tapi begitu motor dipakai jalan, wusss… kesan berat langsung sirna. Handling ADV150 terasa light, enteng dan nurut. Pokoknya bakal sedikit menimbulkan kekagetan. Melihat bodinya yang sebongsor itu…

Pengereman

Honda ADV150 ini memakai pianti pengereman yang sedikit berbeda dengan matic 150cc lainnya. rem CBS nya beda. Mekanismenya gimana bakal saya bongkar di artikel selanjutnya. Yang pasti dengan Combi-Brake model baru ini feeling pengereman jadi lebih empuk. Beda dengan karakter pengereman matic lainnya yang mengandalkan CBS campuran hidrolis dan mekanis, komposisi CBS hidrolis-hidrolis ADV150 nyata memberikan feeling ajib saat sampeyan melakukan braking, bahkan hard braking.

Konsumsi BBM

Mengusung mesin 150 cc SOHC single cylinder, Honda ADV150 termasuk ngirit di kelasnya. Dengan pemakaian harian yang asal betot, maksutnya ya stop and go, ya berkali-kali tembus topspeed, Honda ADV150 mampu mencatatkan konsumsi bbm di angka 39,9 km/liter (on speedo).

Untuk konsumsi bbm real saya belum sempet ngitung masbro. Yang pasti apa yang tertera di speedometer dan feel saat harus isi ulang bensin adalah mirip. Maksutnya pantes lah…

Kesimpulan

Dengan harga 34 jutaan rupiah Honda ADV150 mampu berikan sensasi berkendara manly yang siap membuat anda jadi pusat perhatian. Bodinya yang jangkung juga suguhkan sensasi berkendara nyaman karena kaki bisa menekuk santai.

Buat mmz yang bertinggi tubuh 180-an cm bodi ADV150 ini pas banget. imo kalau dibuat berkendara jauh saya justru lebih suka si ADV ini daripada PCX150.

Sedikit yang menjadi PR paling kalau sampeyan suka cornering. Bannya kan tipe dual purpose tuh. Jadi kalau miring-miring terkadang membuat kita kehilangan hati.

Tapi itu hanya masalah kecil sih. Lagian mau miring-miring dimana. Yang penting kan safety. Semoga berguna… (mmz)

2 thoughts on “373 Kilometer bareng ADV150. Nih Impresi Lengkapnya

Silahkan Komentarnya Kangbro