Yamaha Vietnam Resmi Rilis Exciter 155 VVA. Power 17,9 PS, Lampu Misah

Diposting pada

MOTOMAZINE.COM – Setelah lama tak terdengar seperti apa kelanjutannya, hari ini Selasa (29/12) akhirnya Yamaha Vietnam resmi merilis Exciter 155 VVA. Motor ini juga digadang-gadang masuk ke Indonesia dan menjadi versi segar dari MX King 150.

Fitur Yamaha Exciter 155 VVA

Yamaha melakukan banyak sekali rombakan pada Yamaha Exiter 155 VVA. Kalau dari sisi desain si bebek terkencang di kelasnya ini mengadopsi body work milik Yamaha R1.

Soal fitur ternyata banyak pembaruan yang Yamaha tawarkan. Yang paling kentara tentu saja kunci smart key aka keyless untuk versi tinggi, serta lubang socket charger handphone berkekuatan 12V.

Fitur lain yang coba diusung oleh Exciter 155 VVA tentu saja mesin. Meninggalkan mesin 150cc, kini Exciter 155 VVA telah menggendong mesin 155 cc VVA, dengan 4 model mapping.

Mesin ini pulalah yang mampu hasilkan power hingga 17,9 ps @8500 rpm dan torsi puncak pada angka 14,4 N.m @8000 rpm.

Untuk kaki-kaki Yamaha juga melakukan sentuhan ulang pada piranti rem. Rem cakram depan kini mengadopsi piston dobel yang menurut Yamaha mampu berikan optimalisasi pengereman hingga 17%.

Selanjutnya suspensi depan. Stroke suspensi depan juga mengalami kenaikan dari 90mm menjadi 100mm. Hal ini mungkin bertujuan untuk mengatasi jedug saat hard braking dengan MX King. Sampeyan yang pernah nyemplak pasti hafal lah.

Selanjutnya yang menjadikan perhatian adalah lampu dobel yang Yamaha benamkan pada Exciter 155 VVA ini. Yaps, si bebek terkencang di kelasnya tanpa debat ini memakai lampu jarak dekat pada batok, dan kemudian lampu jarak jauh di tebeng, tepatnya nyambung sama DRL. Model lampu ini pula yang Yamaha klaim merupakan turunan dari YZF-R1.

Untuk menunjang perjalanan, Yamaha Exciter 155 VVA kini menggendong tangki bahan bakar yang lebih besar, 5,4 liter. Lebih banyak 1,2 liter daripada versi 150 cc nya.

Speedometer juga alami ubahan cukup signifikan. Meski belum smartphone connected namun bentuk speedometer calon MX King 155 VVA Indonesia ini tampil lebih lega dan mewah.

Fitur selanjutnya tentu saja dibenamkannya teknologi slipper and slippery clutch layaknya R15 v3. Teknologi ini memang sangat berguna membuat perpindahan 6 gigi percepatan bekerja lebih mulus dan menghilangkan efek back torque yang membuat roda belakang bisa saja terkunci.

Yamaha Exciter 155 VVA sendiri hadir dalam 3 varian yakni standar, premium dan GP.

So, kita nantikan saja akan seperti apa Exciter 155 VVA ini nanti setelah masuk ke Indonesia. Menjadi MX King 155 VVA nya Indonesia. Apakah akan terserap dengan cukup bagus? Semoga bersabar menunggu. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.