Ada Lubang Jalan di depan Mobil Sebaiknya Hindari atau Tabrak saja? Duh Gini saja dibahas!

Diposting pada

Motomazine.com – Selamat pagi masbro semuanya yang sedang menikmati liburan Hari Raya Imlek. Gong Xi Fa Cai untuk sampean yang merayakannya. Yaps, mmz mau ngebahas sebuah artikel yang membuat saya sedikit tertawa pagi ini. Sebuah artikel dari portal berita ternama di tanah air yang mengangkat sebuah tema lubang jalan. Bukan lubang berjalan. Intinya saat kita menemukan lubang tetiba ada di depan mobil yang kita kemudikan, kira-kira apa yang harus kita lakukan.

Tanpa harus bertanya ke ahli safety driving sekalipun seharusnya kita sudah tahu jawabannya. Kalau nemuin lubang di depan mobil yang sedang kita kemudikan ya sebisa mungkin menghindar dong.

Nah mungkin cara menghindarnya inilah yang perlu edukasi lebih lanjut. Sebab kita tidak sendirian saat berkendara di jalan raya. Semua manuver harus kita pikirkan, termasuk saat kita harus menghindari sebuah lubang.

Saat kita berkendara dan menemukan lubang di depan kita, hal yang  harus kita lakukan adalah menghindarinya. Itu kalau memungkinkan. Kalau tidak?

Ya sebisa mungkin pelankan kendaraan kita hingga saat ban menghantam lubang usahakan sudah pada kondisi yang sangat pelan.

Nah, desaselerasi secara mendadak inilah yang kemudian perlu edukasi lanjutan. Melansir dari beberapa sumber, saat kita melakukan pengereman mendadak usahakan untuk menyalakan lampu hazard. Hal ini berguna untuk memberi signal kepada pengendara di belakang kita supaya mereka lebih aware dan tidak malah menabrak kita sendiri.

Saat ini pabrikan sendiri sudah jauh lebih cerdas. Mereka bahkan telah membenamkan ESS (Emergency Stop Signal) yang kerjanya mengaktifkan lampu hazard secara otomatis saat pengendara melakukan pengereman mendadak. Biasanya dari kecepatan 55kpj atau tergantung sensor yang masing-masing pabrikan berikan.

jangan lantas narik rem tangan juga

So, kalau menemukan lubang jalanan di depan mobil yang sedang pemirsa kemudikan, kira-kira apa yang smapean lakukan? Menghindar dengan tetap memperhatikan lingkungan lalu lintas sekitar, apa hajar saja tuh lubang?

Keputusan kembali ke karakter masing-masing pengendara. Yang pasti saat sampean putuskan menghajar sebuah lubang, apalagi salam kecepatan lumayan tinggi, maka resiko yang mungkin dihadapi adalah pecah ban, velg peyang, suspensi jebol, atau bahkan hilang arah. Semoga berguna (mmz)

Artikel terkait:

Tinggalkan Komentar di sini