5 Tips Aman Berkendara saat Hujan ala YRA bisa diringkas Jadi satu Kata saja

Diposting pada

Motomazine.com – Yamaha Riding Academy (YRA) baru saja merilis press release ke rekan-rekan blogger termasuk saya, halah, 5 tips berkendara aman saat hujan. Kalau sampean ikuti tips tersebut memang jitu, bagus dan mengedukasi. Tapi buat mmz, 5 tips tersebut bisa diringkas jadi satu kata saja, “hati-hati”. Eh satu kata apa frasa sih? Mbuhlah sampean pikir sendiri…wkwkwk..

Emang apa sih 5 tips berkendara aman saat hujan ala YRA?

1.Jaga Jarak Aman

Menjaga jarak aman adalah sebuah keharusan yang wajib dilakukan semua pengendara di jalan. Jangankan saat hujan, saat jalanan kering dan cuaca cerah sekalipun sampean tetap musti jaga jarak aman. Kenapa? Sebab kita tak bisa selalu tahu apa yang terjadi di depan kendaraan yang kita buntuti. Saat harus ngerem, ngerem banget malah, sampean musti memastikan agar ban tetap mencengkeram aman dan tidak nyundul.

2. Waspada

Waspada di sini dapat diartikan sebagai sebuah kefokusan berkendara. Oke, perhatikan depan, tapi jangan lengah dengan sekitar. Orang nyebrang, masuk dari gang, orang mau putar balik dan sebagainya tak boleh luput dari perhatian kita.

3. Mengatur penggunaan rem

Nah ini yang penting juga. Jangan menarik tuas rem terlalu dalam saat berkendara dalam kondisi hujan. Saat rem ditarik terlalu dalam, apalgi rem depan, maka kemungkinan rem terkunci sangatlah besar. Efeknya? Ban bibsa kehilangan traksi dan gubrak. Untuk Rem ABS beda lagi.

4. Gunakan Safety Gear tepat

  • Wajib pakai helm SNI (full face/half face) dengan pengait berbunyi klik dan usahakan visor bening.
  • Pakai jas hujan setelan (jaket dan celana) bukan model batman dengan warna cerah.
  • Gunakan Sepatu (boleh karet yang tahan air).
  • Gunakan sarung tangan.

5. Terjaga Motornya, Aman Ridernya

Pastikan motor dalam kondisi prima. Terutama ban. Jangan gundul. rem juga harus berfungsi baik. Pastikan ban dalam tekanan optimal/sesuai spek. Pastikan juga lampu-lampu serta piranti electrical lainnya berfungsi baik. Dan satu lagi, pasang semua cover motor. Jangan protholan karena kemungkinan cipratan air atau genangan air bisa membuat motor mati.

So, itulah 5 tips aman berkendara saat hujan dari Yamaha Riding Academy. Yang menurut mmz bisa diringkas dalam satu kata saja, “hati-hati”. Semoga berguna. (mmz)

Artikel terkait:

Tinggalkan Komentar di sini