Wasapdalah! Berikut Tips Berkendara Aman saat Hujan

Diposting pada

Motomazine.com – Musim penghujan mulai menghujam, halah… Intinya berkendara saat musim hujan lebih dibutuhkan konsentrasi yang extra, terlebih jika curah hujan yang cukup deras yang wajib diwaspadai seorang biker. Para pengendara motor sebaiknya lebih waspada supaya tidak terjadi hal yang membahayakan pengendara lain.

Kondisi jalanan yang dipastikan licin serta berpotensi terbentuk genangan air dapat mengakibatkan Aquaplaning. Maka dari itulah sebagai seorang biker sebaiknya menghindari beberapa kesalahan kecil yang dapat berakibat fatal

“Faktor pengendara, kendaraan, lingkungan atau cuaca sangat mempengaruhi saat berkendara di musim hujan,” ujar Om Ilham Wahyudi GM Service PT. Surya Timur Sakti Jatim (STSJ).

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi para biker dikala musim hujan :

  1. Cek Kondisi Ban
    Ban merupakan salah satu komponen terpenting saat hujan, kondisi ban yang gundul akan membuat keseimbangan berkendara makin kacau karena genangan air tidak bisa terbelah secara sempurna.Maka dari itu, kondisi ban sebaiknya diganti jika ban sudah mulai gundul atau tanggal kadaluarsa ban sudah mulai habis. Selain itu, tekanan ban pastikan sudah pas, sehingga membuat ban lebih menapak sempurna di aspal. Sebaiknya tekanan ban dikurangi untuk menghindari genangan air.
  1. Perhatikan Komponen Kelistrikan
    Dalam hal ini kelistrikan juga wajib menjadi perhatian para biker sebelum menerjang hujan, terlebih jika melewati banjir atau genangan air yang dapat menyebabkan motor mogok karena komponen kelistrikan terkena air. Ada baiknya sebelum menggunakan motor saat hujan pastikan semua komponen listrik terbungkus rapi dan terhindar dari air hujan, jika kabel terbuka sebaiknya dibungkus isolasi. Paling utama adalah bagian busi yang sangat rentan terkena cipratan air, ada baiknya jika bagian busi terlindungi dan memastikan tidak terkena air.
  1. Jaga Perilaku Berkendara
    Kondisi jalanan hujan ditambah licin sangat bahaya jika perilaku berkendara biker yang tidak bisa menjaga mulai dari menjaga kecepatan berkendara hingga manuver-manuver berbahaya yang dapat menyebabkan pengendara lain terganggu. Hindari perilaku berkendara zig zag atau rem mendadak yang membuat pengendara lain terganggu dan bisa berakibat kecelakaan.
  1. Waspada Melewati Genangan Air
    Ada baiknya jika sobat menghindari genangan air saat hujan, karena kita sendiri tidak bisa tahu apakah genangan air itu aspal berlubang atau tidak. Alangkah lebih baik jika dihindari, tapi jika tidak bisa dihindari sebaiknya sobat tidak melewatinya dengan kecepatan tinggi. Hal tersebut bisa menyebabkan kecelakaan jika genangan air yang dilewati dengan kecepatan tinggi dan membuat motor terpental yang mengakibatkan pengendara lain terluka.
  1. Pastikan Lampu dan Stop lamp Menyala
    Pastikan lampu utama dan stop lamp motor kalian berfungsi dengan baik, lampu utama untuk memberi tanda pengendara lain yang berseberangan supaya bisa terlihat saat hujan deras. Sedangkan stop lamp ditujukan untuk memberi tanda isyarat pengendara di belakang supaya lebih berhati hati.
  1. Hindari Penggunaan Jas Hujan ‘Batman’
    Jas hujan model ‘batman’ ini masih banyak digunakan biker pada umumnya, biasanya jas hujan model ini lebih banyak digunakan bagi pengendara yang membawa barang bawaan banyak.

Ada baiknya jika jas hujan model ‘batman’ ini dihindari demi keselamatan Bersama, hal tersebut dikhawatirkan jas hujan melilit bagian roda belakang atau masuk pada bagian kipas CVT yang membuat pengendara hilang konsentrasi dan terjadi kecelakaan.

Nah itulah beberapa tips yang perlu sampean pahami tentang bagaimana berkendara aman dan nyaman saat hujan. Satu yang tak kalah penting adalah, saat kondisi hujan benar-benar menakutkan, mending berhenti dan berteduh di teras warga. Jangan di bawah pohon. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini