Nasib Terkini Sirkuit Mandalika, Delay Lagi?

Diposting pada

Motomazine.com – Sirkuit Mandalika menjadi salah satu harapan dan kebanggaan warga negara Indonesia. Impian untuk memiliki sirkuit kelas dunia yang memunginkan menggelar balap sekaliber MotoGP dan WSBK akhirnya akan segera terwujud. Namun begitu, asa yang banyak rakyat khususnya pecinta balap harapkan sepertinya takkan berjalan mulus. Pasalnya hingga saat ini Dorna masih belum kantongi ‘kepastian’ dari kesiapan sirkuit di Lombok tersebut menggelar balapan.

Kabar mengenai ketidakpastian gelaran balap di Mandalika ini mmz sadur langsung dari salah satu portal balap MotoGP kenamaan Perancis. Dari sana didapati komentar dari salah satu petinggi Dorna tentang kondisi Mandalika saat ini.

Aspal permukaan seharusnya sudah siap pada akhir Juli, tetapi semuanya belum siap hingga November. Kami membutuhkan ajwaban secepatnya agar segera bisa mengatur lalu lintas logistik.

Dalam postingan The Mandalika Grand Prix Association (MGPA) mereka menyebut sudah menyelesaikan progress hingga 80% dari kesleuruhan proyek yang direncanakan.

“Keseluruhan progress pengerjaan Mandalika telah mencapai 80.02% dengan proses pelapisan aspal terakhir yang mencapai 7.860 meter dari total 8.120 meter,” Instagram MGPA.

“Sebagai tambahan, pengaspalan lapis kedua telah dimulai tanggal 3 Juli dan akan selesai pada pertengahan Juli hingga awal Agustus nanti. Jadi semuanya akan selesai sebelum penandatanganan izin.” Lanjut akun yang sama.

Hal ini tentunya menjadi angin segar untuk rakyat Indonesia yang sudah mengidam-idamkan balap MotoGP dan WSBK kembali ke Indonesia setelah lama meninggalkan Sentul. Namun begitu lagi-lagi serangan pandemi menjadi penghambat. Kabarnya setiap warga asing yang masuk termasuk kru dan pembalap harus menjalani karantina sepanjang 8 hari terlebih dahulu, setelah sebelumnya 5 hari saja.

Dan hal tersebut tentu akan sangat mengurangi efektifitas penyelenggaran balapan. Jadi kemungkinan besar balap Mandalika baru akan digelar pada bulan Maret 2022 mendatag. Itupun jika sirkuitnya sudah benar-benar siap dan semua perijinan berjalan lancar.

Sebelumnya sirkuit Mandalika dijadwalkan menjadi tuan rumah gelaran balap WSBK pada 12 hingga 14 November 2021 ini. Jadi, yawes gimana lagi. Beginilah kenyataannya. Sabar… (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.