Makin Berat, Pembalap MotoGP bakal Ketambahan 2 Message Board

Diposting pada

Motomazine.com – Demi meningkatkan keselamatan pembalap, berbagai upaya terus dilakukan untuk memperingatkan mereka saat berlaga di atas lintasan. Bukannya apa-apa, hasrat akan kemenangan terkadang membuat para pembalap mengindahkan sisi safety. Yang penting menang. Semacam itu. Nah, mulai GP Styria putaran kedua akhir pekan ini, pihak komisi keselamatan akan menambahkan 2 lagi pesan di message board pembalap.

Jika selama ini pesan yang pitlane kirim ke pembalap hanya berkutat pada jenis bendera dan mapping saja, untuk kali ini RD coba menambahkan dua lagi pesan yang menurut mereka penting. Sebelum digunakan, pembalap akan diberikan wawasan mengenai maksut dari pesan tersebut.

Jika sebelumnya kita mengenal Red Flag, Black Flag, Drop Position, track limits warning atau Ride thorugh, kini pembalap ketambahan dua pesan yang tak kalah penting.

Pesan tersebut adalah equipment. Equpiment ini berhubungan dengan piranti yang pembalap pakai. Semisal saja helm, baju balap, sarung tangan atau bahkan sepatu. Peringatan equipment ini menyasar pada malfungsi bagian-bagian tersebut.

Ambil contoh saja resleting baju balap Fabio Quartararo yang terbuka di Catalunya. Secara blak-blakan komisi keselamatan MotoGP konsen sekali pada masalah ini. Nantinya pembalap akan mendapat peringatan untuk kemudian keluar dari balap dan membetulkan apa yang salah di paddock, atau diperbolehkan memperbaiki sendiri selama di lintasan, asal bisa dan mampu.

Pesan selanjutnya adalah warning. Pesan ini dibuat untuk pembalap-pembalap nakal. Intinya mereka akan menerima pesan terlebih dahulu sebelum akhirnya RD memberikan penalti, apabila pembalap tersebut acuh dengan pesan yang muncul pada speedometer motornya.

Intinya pihak RD selalu berusaha selangkah lebih maju untuk menjamin keselamatan pembalap di lintasan. Motor pacuan MotoGP yang semakin kencang memang butuh kewaspadaan lebih agar semua tetap berjalan dengan aman. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

One thought on “Makin Berat, Pembalap MotoGP bakal Ketambahan 2 Message Board

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini