Belajar dari Kejadian yang Menimpa Vanessa Angel, Microsleeping memang Sangat Berbahaya

Diposting pada

Motomazine.com – Kabar duka datang dari dunia artis dimana salah satu aktris sinetron dan FTV, Vanessa Angel meninggal dunia akibat kecelakaan tunggal. Kejadian ini terjadi di ruas tol Nganjuk Surabaya, hari ini Kamis (4/11) sekitar tengah hari.  Mobil jenis SUV yang ditumpangi Vanessa dan Bibi suaminya serta keluarga mengalami oleng dan menabrak dinding pembatas jalan tol yang membuat Mitsubishi Pajero berkelir putih itu hancur di bagian pilar kiri depan dan tengah.

Dilansir dari beberpa media dan informasi yang berkembang deras di Whatsapp, kejadian ini disebabkan karena kelalaian sopir. Yaps, sopir yang mengemudikan mobil Vanessa sekeluarga diduga mengantuk dan hilang konsentrasi. Istilah yang sering disebut dengan microsleeping. Singkat tapi bisa mematikan.

Microsleeping sendiri sering menimpa pengemudi kendaraan terutama mobil yang terlena dengan kenyamanan. Kebanyakan kejadiannya memang di tol, sebab acapkali kondisi jalanan yang mulus dan lurus membuat pengemudi mengantuk.

Apalagi sedang melakukan perjalanan jauh. AC dan faktor kelelahan sering menimbulkan microsleeping dimana pengemudi kehilangan kesadaran akibat mengantuk dan tidur untuk beberapa saat.

Inilah faktor yang sering menjadi penyebab terjadinya kecelakaan. Sampean bayangkan, dengan kondisi jalan lurus di tol, mobil baru yang mendukung, kemudian pengemudi tertidur. Tentu sangat tidak bisa diprediksi apa yang bakal terjadi. Pasti mobil menjadi kendaraan liar bak tanpa pengemudi.

Istirahat cukup

Sebelum melakukan perjalanan jauh hendaknya kondisikan tubuh dalam keadaan paling prima. Istirahat yang cukup. Dan apabila terasa mengantuk selama perjalanan, usahakan mencari rest area terdekat. Sekedar melepas lelah sambil rebahan, atau tidur barang setengah jam, itu akan membuat kondisi pulih kembali. Ngopi juga bisa menjadi solusi.

Intinya persiapkan fisik sebagus mungkin agar kita benar-benar siap menghadapi perjalanan jauh. Ingat, mengantuk selama perjalanan bukanlah tindakan tepat. Amat sangat membahayakan.

Akibat kejadian ini, diberitakan Vanessa Angel dan suaminya meninggal dunia, sementara sopir, baby sitter dan anak Vanessa yang masih balita dikabarkan selamat. #RIP Vanessa. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini