Waspada Microsleep, Kalau Lelah mending Rehat

Diposting pada 27 views

Motomazine.com – Masbro, melakukan perjalanan jauh acapkali membuat kita terlena akibat dilanda rasa lelah. Ditambah kalau jalanan yang kita lewati adalah jalan lurus dan cenderung mulus. Wes jan, bisa jadi rasa kantuk akan langsung menyerang dengan hebatnya. Apalagi kalau sampeyan nyetir mobil dengan AC meniup sepoi-sepoi. Bisa-bisa sampeyan seperti dinina bobokkan tanpa ingat kalau sedang nyetir. Dan inilah yang dinamakan microsleep.

Yap, microsleep merupakan gejala dimana seseorang tiba-tiba mengantuk, atau tanpa sadar mengantuk dan bahkan tidur beberapa saat. Lha kalau sampeyan tidurnya di kamar sih, it’s OK. No problem. Lha kalau sampeyan tidurnya sambil nyetir? Walah bisa nyasar kemana-mana. Nyasar ke rumah mantan misalnya..wkwkwk…

baca juga:

Nah, kalau sampeyan sudah mulai mengalami gejala microsleeping sebaiknya anda segera minggir dan memulihkan kesadaran. Misalkan saja ngopi, atau bahkan tidur sekalian barang setengah jam-an gitu. Supaya rasa kantuk benar-benar hilang.

Bicara microsleeping, mmz juga pernah ngalamin hal seperti ini. Saat pulang dari event di Malang, mmz pernah kan pulang dalam kondisi agak larut. Adalah kalau jam 8 nan malam. Nah, kebetulan lagi saat itu tubuh sedang tidak dalam kondisi fit. Beuhhhh… rasane jan tenan kangbro. Tanpa disadari tuh tiba-tiba mata kayak terpejam. ‘Beep’ gitu. Ataupun kalau anda memaksa melek, pikiran tuh udah entah kemana saja.Dan ini yang bahaya.

Solusinya, pastinya segera menepi. Usahakan istirahat secukupnya atau lakukan senam ringan dan minum kopi misalnya agar kondisi tubuh kembali optimal. Baru deh kalau sudah berasa enakan, silahkan lanjutkan perjalanan.

So, mari selalu Cari Aman saat lakukan perjalanan. Kalau ngantuk atau lelah sudah over melanda, sebaiknya istirahat saja. Semoga berguna… (mmz)


Lebih dekat dengan Motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • Youtube channel: Motomazine
  • WA: 085233819298
  • BB: D8DCFC9A
Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan Berkomentar di bawah sini