Akibat Buruk Malas Cuci Motor di Musim Penghujan

Diposting pada

Motomazine.com – Mencuci motor di tengah musim penghujan bukanlah hal yang menyenangkan untuk sampean lakukan. Ya, apalagi kita tergolong manusia-manusia dengan mobilitas tinggi. Pagi cuci sore kehujanan, sore cuci malam kehujanan. Yang ada akhirnya motor dibiarkan kehujanan terus-terusan tanpa melakukan pencucian secara rutin. Namun tahukah sampean bahwa ternyata malas mencuci motor (yang habis kehujanan) di musim penghujan begini punya dampak buruk loh. Apa saja akibatnya?

“Banyak masyarakat yang berpikiran bahwa kegiatan mencuci motor di musim hujan itu tidak penting. Padahal membersihkan motor dari air hujan menjadi salah satu upaya yang harus dilakukan agar kondisi motor tetap awet,” ujar Ilham Wahyudi selaku GM Service & Sparepart Yamaha STSJ. 

Berikut penjabarannya jika pengendara tidak mencuci motornya di musim penghujan:

1. Overheat

Mesin bisa dengan mudah overheat dikarenakan bekas air hujan yang mengendap telah menjadi kotoran dan bersarang di radiator.

2. Suspensi mengeluarkan suara decit

Hujan bisa menyebabkan suspense mengeluarkan suara decit dan fungsinya jadi tidak maksimal.

3. Menyebabkan karatan

Rantai dan part logam tentunya akan berkarat sehingga berpotensi menggagu fungsi dari part tersebut. 

4. Tampilan kusam

Body motor akan terlihat kusam karena kotoran yang menempel akan menimbulkan watersport, dan bercak sehingga tampilan motor menjadi lebih kusam.

Oleh sebab itu biasakan untuk selalu mencuci sepeda motor sampean begitu terkena air hujan. Minimal dua hari sekali lah kalau musim penghujan begini. Hal ini dimaksudkan agar semua part terjaga kebersihannya. Terutama motor bertransmisi manual yang masih mengandalkan rantai dan gear sebagai final drive-nya.

Selain itu menjaga motor tetap bersih dan kinclong bisa menambah kepercayaan diri penunggangnya. Alhasil sampean akan makin sering menjadi perhatian. Duh masnya, sudah ganteng (helmnya), motornya kinclong pula. Betapa tlatennya dia. Nah semacam itu. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

One thought on “Akibat Buruk Malas Cuci Motor di Musim Penghujan

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini