Sekelimpungan itukah MotoGP sampai ada Sprint Race? Berikut Formatnya

Diposting pada

Motomazine.com – MotoGP semakin memprihatinkan. Mau diakui atau tidak, nyatanya penurunan penonton telrihat begitu signifikan. Entah Rossi efecet atau apalah itu, yang pasti sekarang MotoGP sudah tak sehebih dulu lagi. Mmz tetap nontonin MotoGP karena punya kepentingan untuk menyampaikan berita kepada pemirsa semua. Dan apakah sudah sekelimpungan itukah MotoGP sekarang ini hingga menghadirkan sprint race layaknya Formula 1 atau balap Superpole seperti halnya pada WSBK. Buat sampean yang masih bingung, berikut ini format pelaksanaannya.

Balap sprint race pada MotoGP akan digelar pada hari Sabtu. Waktunya setelah sesi kualifikasi 1 dan 2. Karena qualifying session 1 dan 2 lah yang menjadi patokan start para pembalap di sprint race. Lha si sprint race sendiri nantinya gak akan merubah posisi balapan hari Minggu. Jadi siapapun yang juara di sprint race, tak lantas menempati posisi pertama saat balapan (race) hari Minggu. Paham?

Itu yang pertama. Kedua, karena adanya tambahan sprint race ini, maka penentuan pembalap yang otomatis lolos ke Q2 akan ditentukan berdasarkan kombinasi waktu free practice 1 dan free practice 2. Kalau selama ini  kan kombinasi waktu fp1-fp3. Di sini otomatis pembalap dituntut untuk lebih ngotot bahkan sejak sesi latihan bebas. Ngueri…

Ketiga, akan ada free practice tambahan di Sabtu pagi. Ya mirip-mirip free practice 4 lah. Setelahnya baru digelar kualifikasi 1 dan 2 yang durasinya masing-masing 15 menit, untuk kemudian berlanjut sprint race dimulai pukul 15.00 waktu sirkuit setempat.

Panjang lap sprint race tergantung panjang trek. Tapi rata-rata jumlah lap sprint race MotoGP adalah setengah dari total lap balapan hari Minggu. Taruhlah sprint race nanti akan dihelat sebanyak 9-10 lap. Nah sprint race ini akan hadir mulai seri Portugal (pertama) di musim 2023.

Lusail dicoret dari seri perdana pembuka musim karena masih melakukan renovasi. Dan untuk balapan spritn race MotoGP ini para pembalap akan mendapat poin. Bedanya yang mendapat poin adalah 9 pembalap pertama saja. Nah rinciannya begini:

– Posisi 1: 12
– Posisi ke-2: 9
– Posisi ke-3: 7
– Posisi ke-4: 6
– Posisi ke-5: 5
– Posisi ke-6: 4
– Posisi ke-7: 3
– Posisi ke-8: 2
– Posisi ke-9: 1

Jadi hasil sprint race ini nanti juga akan berpengaruh ke perolehan poin pembalap dalam perebutan juara dunia. Entah apakah Opa Ezeplata akan menambahkan hadiah bonus seperti arloji Tissot pada WSBK misalnya? Yang pasti saat ini Race Director MotoGP tengah mencari jalan supaya MotoGP seseru dan semeriah dulu. Semoga berguna. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini