Yamaha NMAX pakai rem cakram belakang

Berikut Cara Mencegah rem Overheat dan Ngelos!

Diposting pada

Motomazine.com – Ada beberapa sistem/mekanisme pada sepeda motor, salah satunya adalah sistem pengereman. Menggunakan prinsip gesekan, sistem ini berfungsi untuk menghentikan laju atau mengurangi kecepatan sepeda motor. Pada umumnya ada 2 tipe sistem pengereman yang digunakan pada sepeda motor yaitu rem tromol (drum brake) dan rem cakram (disc brake).

Karena menggunakan prinsip gesekan, gesekan bisa menyebabkan panas. Apalagi jika kerja rem berat, seperti di jalanan turun, digunakan untuk kecepatan tinggi, yang bisa menyebabkan overheat/panas berlebih pada cakram. Panas inilah yang dapat mempengaruhi kinerja rem. Maka dari itu komponen pengereman harus dalam keadaan prima dan dirawat secara berkala.

“Jaringan bengkel resmi kami siap untuk perawatan sepeda motor konsumen Yamaha. Pastikan lakukan perawatan secara rutin dan gunakan spare part genuine untuk menjaga kinerja pengereman karena menyangkut keselamatan pengendara. Dan jika terjadi overheat, jangan menyiram cakram dengan air karena dapat menyebabkan perubahan bentuk pada cakram,” ungkap Johannes B.M.S, Chief Yamaha DDS 3 (Jawa Tengah & Yogyakarta).

Berikut beberapa tips untuk menghindari overheat pada rem cakram dari Yamaha DDS 3 (Jawa Tengah & Yogyakarta) :

1. Penggunaan minyak/oli rem

– Gunakan minyak rem DOT 3 untuk tipe Non ABS, dan DOT 4 untuk tipe ABS

– Ganti minyak rem setiap 2 tahun/24,000 km

­- Cek kebocoran minyak rem, jika ada kebocoran segera diperbaiki

2. Perawatan master & caliper

Pada master & caliper ada komponen seal sebagai perapat dan pengganti pegas. Seal ini dapat menjadi keras yang dapat mengganggu kerja piston pada caliper yang dapat menyebabkan cakram menjadi berat sehingga menimbulkan gesekan dan menjadi panas pada cakram. Karenanya, ganti seal bersamaan dengan penggantian minyak rem.

3.Penggantian kampas rem

Kampas rem yang habis/aus dapat menyebabkan gesekan berlebih dan menimbulkan panas yang dapat menimbulkan overheat pada cakram. Semoga berguna. (mmz)

Jangan lupa mengcek kondisi rem secara berkala

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini