Tips Mudah tidak Gratis Ngurangin Berisiknya Rantai Honda CB150R

Diposting pada

Motomazine.com – Sedikit tips buat sampean semua yang saat ini tengah dipusingkan dengan suara tidak nyaman yang keluar dari area rantai. Apalagi untuk motor-motor sport Honda yang memang sudah terkena dengan ciri tersebut. Tak menutup kemungkinan juga apa yang terjadi pada Honda CB150R tunggangan mmz. Pakai helm fullface saja itu suara rantai masih terngiang di telinga. Nah untuk mengurang-ngurangi gejala tersebut mmz punya trik yang bisa sampean praktikkan di rumah.

Pertama yang mmz lakukan adalah mengecek ketegangan rantai. Yup, karena toleransi ketegangan antara rantai dan arm masih bagus maka masuklah kita ke step selanjutnya. Bebersih..

Gak perlu ruwet. Cukup bersihkan rantai berbarengan dengan saat sampean nyuci motor. Gunakan deterjen pencuci pakaian dan bersihkan rantai menggunakan serabut kelapa atau sikat. Di sini mmz tak merekomendasikan bensin, sebab dari pengalaman yang sudah mmz lakukan, membersihkan rantai dengan bensin justru membuatnya terasa longgar (cmiiw).

Rantai Sabri pasca disemprot dengan chain lube. Warna seperti karat keluar ke permukaan dan bisa dibersihkan

Pasca rantai bersih dari kotoran, yang harus sampean lakukan selanjutnya adalah menyemprotkan chain lube atau pelumas rantai yang kini marak beredar di pasaran. Saya tak akan menyebutkan merk-nya apa, sebab hampir semua merk memiliki kwalitas yang setara. So.. Silahkan tentukan pilihan anda sendiri.

Langkah selanjutnya adalah tinggal semprotkan chain lube pada rantai motor anda. Tak usah terlalu banyak, asal sudah bisa melumasi rantai dan sproket itu juga sudah cukup.

Tipsnya adalah semprotkan chain lube pada masing-masing mata rantai dari luar. Bukan di posisi dalam dekat sproket. Karena biang masalah berisiknya rantai biasanya timbul dari sambungan masing-masing mata rantai. Semoga berguna. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini