Biangkerok Ngemposnya Yamaha M1 Versi 2023 sudah ditemukan?

Diposting pada

Motomazine.com – Jelang tes pramusim resmi di Sepang pertengah Februari mendatang, hadir kabar terang perihal masa depan Yamaha. Bukannya mereka akan berpindah ke mesin V4, tetap lebih diketemukannya penyebab performa YZR-M1 yang memble. Hal ini bkan jadi rahasia umum. Sempat banyak yang bingung kenapa performa M1 versi 2023 masih angin-anginan. Di tes Jerez Crutchlow bilang kalau ada tambahan tenaga pada motor yang pernah ia besut itu, tetapi di Valencia, saat tes penutupan musim 2022 baik Quartararo dan Morbidelli seragam mengatakan topspeed M1 masih memble!

Kejadian ini tentu kangsung mendapat perhatian dari para insinyur Jepang. Mereka pun bekerja keras untuk menemukan akar permasalahannya. Dan benar saja, memang ada sedikit error yang membuat tenaga M1 versi 2023 tidak keluar. Padahal mereka sudah merekrut Luca Marmorini yang datang dari divisi F1 dengan seabreg pengalaman.

Sebelum debut di tes Valencia akhir November kemarin Yamaha sudah mendaulat Cal Crutchlow untuk melakukan pengetesan di sirkuit Jerez. Saat itu Crutchlow bilang kalau ada tambahan tenaga pada sisi straight atau topspeed si M1.

Jadi, apanya yang salah?

Melansir dari TMCBlog, beliau menyebut bahwa ada semacam salah setup variable elektronik. Jadi istilahnya ada kesalahan algoritma saat memasukkan settingan ke perangkat elektronik M1 versi 2023 ini. Alhasil, tambahan tenaga yang diinginkan malah nge-“bug” gak mau keluar.

Berita ini dibenarkan Eric de Seynes lewat GPMag. Doi mnegatakan jika memang ada kesalahan input atau error yang terjadi pada motor Quartararo dan Morbidelli. “Kami telah memperoleh konfirmasi kerusakan pada motor Fabio dan Franco selama tes terakhir di Valencia. Cal [Crutchlow], yang mengendarai mesin 2023 di Jerez mengonfirmasi peningkatan tenaga.” ucapnya. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini