Rem Cakram Honda BeAT Mendakak Keras? Begini Solusinya!

Diposting pada

Motomazine.com – Kejadian yang baru saja menimpa mmz dengan salah satu tunggangan di rumah. Satu unit Hond BeAT lansiran 2020 yang mendadak alami rem depan keras luar biasa. Ya, benar-benar keras banget saat handel remnya ditarik. Alhasil pengereman jadi tidak maksimal dan bahkan beberapa kali nyaris mengunci, akibat saya paksa untuk melakukan pengereman. Nah ini bahaya, dan musti segera diselesaikan. Karena bagi saya rem adalah salah satu piranti paling vital pada sepeda motor. Dan usut punya usut, setelah melakukan beberapa kajian dan menarik hipotesa, didapatkanlah sebuah solusi yang mujarab terhadap kerasnya rem cakram Honda BeAT ini.

Ada beberapa konsen yang menjadi pemikiran dan praduga sebelum akhirnya memutuskan penyakit utama kerasnya rem cakram Honda BeAT ini. Pertama minyak rem. Untuk Honda BeAT sendiri, melongok minyak rem depan sedikit butuh effort. Pertama tempatnya nyungsep, kedua warna minyaknya ‘saru’ alias bias dengan warna kaca indikator pada tabung master rem.

Praduga kedua jatuh pada kampas rem. Apa iya kampas remnya habis? Tapi setelah saya longok, ternyata kampas remnya masih tebal.

Akhirnya tibalah pada praduga ketiga yakni piston. Wah ini, jangan-jangan pistonnya macet ini!

Dari praduga-praduga itulah akhirnya saat membawa sepeda motor ini ke bengkel langganan. Sesampainya di bengkel, montir yang sekaligus juga teman mmz langsung mencoba mengetes rem depan si BeAT. Dan hasilnya?

Bener banget! Keras..!!!

Tanpa pikir panjang lagi akhirnya piranti rem depan dibongkar. Pertama melakukan pengecekan minyak rem. Hasilnya? Minyak rem masih penuh. Kedua, coba melihat kampas. Masih tebal, tapi….

Nah di sinilah biang keroknya. Entah karena apa dan bagaimana, itu kampas rem depan mengalami kejadian aneh. Mengeras dan menjadi besi. Lah??? Seriusan ini?

Dan penyakit kerasnya rem cakram Honda BeAT ini pun langsung tertangani. Begitu kampas rem depan diganti, itu rem auto sembuh. Empuk seperti semula.  Yawes, case clear! Harga kampas rem depan Honda BeAT ada di kisaran Rp 30 ribuan. Murah meriah mengatasi masalah. Semoga berguna. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

2 komentar

  1. kampas rem ganti merek federal saja. minyak rem juga perlu sering diganti berkala karena minyak rem AHM kurang baik kualitasnya.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini