Tak Hanya Rangka, Perhatikan 6 Tips Merawat Standar Samping berikut ini!

Diposting pada

Motomazine.com – Sering terabaikan meskipun juga penting, motor mempunyai dua standar yaitu standar samping dan standar tengah yang berfungsi untuk menopang motor saat parkir. Salah satu penopang yang sering dipakai adalah standar samping karena penggunaannya lebih mudah dan simpel.

Karena sering digunakan, standar samping butuh perhatian khusus, diantaranya seperti yang dipaparkan oleh Main Dealer Yamaha PT. Thamrin Brothers (Sumatera Selatan & Bengkulu):

1.Tidak memberikan beban berlebih misalnya menduduki motor saat standar samping digunakan karena bisa membuat standar samping bengkok.

2.Jaga kebersihan karena standar samping prinsipnya seperti engsel dan butuh pelumasan. Jika kotor, akan membuat standar tidak berfungsi dengan baik (seret).

3.Khusus untuk standar samping yang dilengkapi side stand switch, cek kondisi kabel dan fungsi kinerja switch nya. Karena jika bermasalah, motor tidak bisa dihidupkan.

4.Jika parkir dalam waktu lama, jangan gunakan standar samping tapi gunakan standar tengah karena berpengaruh pada kondisi ban dan shockbreaker karena adanya beban berlebih pada satu sisi motor.

5.Saat mencuci motor jangan gunakan standar samping karena dikhawatirkan menyebabkan motor terjatuh ketika mencuci motor.

6.Saat ada kendala pada standar samping, kunjungi bengkel resmi terdekat.

Itulah 6 tips menjaga standar samping agar tetap awet. Apapun itu bobot motor sangatlah berat jika dibandingkan dengan standar samping. Oleh sebab itu perlu perhatian khusus supaya standar samping tetap awet dan bekerja secara optimal. Jangan sampai motor roboh gegaar standar samping yang sudah tak mampu bekerja sesuai peruntukannya. (mmz)

Yamaha MX King Blue

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini