Touring nunggang nmax

Penting! Tips Solo Touring Jarak Jauh pakai Sepeda Motor

Diposting pada

Motomazine.com – Perjalanan jarak jauh menggunakan sepeda motor kerap dilakukan oleh para penghobi touring ke lokasi yang diinginkan untuk berlibur atau mengunjungi sanak saudara dan teman. Tak jarang, touring jarak jauh itu dilakukan sendiri atau solo touring, pengendara pun perlu memperhatikan sejumlah poin agar menikmati perjalanan sendiri memakai motor. Mulai dari menjaga kondisi fisik pengendara dan motor serta hal lainnya terkait keselamatan berkendara.

Main Dealer Yamaha PT. Thamrin Brothers (Sumatera Selatan & Bengkulu) ingin membagi beberapa tips bagi pengendara yang melakukan solo touring memakai motor:

  1. Jaga kondisi fisik pengendara agar tetap prima

Sebagai bagian dari persiapan touring jarak jauh, pengendara memerlukan kondisi fisik yang prima dengan tidur cukup sebelum berkendara. Lalu saat di perjalanan, istirahat setiap 2 jam sebelum melakukan perjalanan kembali.

  1. Jaga kondisi motor dalam keadaan prima

Lakukan pemeriksaan kondisi motor dengan melakukan pengecekan oli, kelistrikan, lampu dan ban.

  1. Pakai riding gear yang lengkap

Gunakan riding gear yang lengkap meliputi helm, jaket, sarung tangan, sepatu. Hindari menggunakan celana pendek dan sendal.

  1. Bawa surat-surat berkendara

Bawa surat-surat berkendara yang penting seperti Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang masih berlaku untuk mendukung kenyamanan pengendara dalam perjalanan. Juga bawa uang secukupnya untuk kebutuhan perjalanan touring.

  1. Kenali rute perjalanan

Pengendara harus memahami rute dan kondisi perjalanan sehingga mendukung perjalanan lancar sekaligus menjaga keselamatan berkendara. Carilah informasi mengenai rute dari teman atau media. Hindari rute yang tidak aman misalnya sepi atau berkendara di malam hari yang berpotensi tidak aman buat pengendara.

  1. Waktu perjalanan

Disarankan memilih waktu memulai perjalanan di pagi hari karena kondisi badan masih segar dan bugar, kondisi jalan belum ramai. Hindari berkendara di malam hari karena tidak aman buat pengendara misalnya kondisi badan sudah letih dan ngantuk, rentan tidak awas terhadap kondisi jalan yang kurang bagus.

Itulah 6 tips yang bisa pemirsa gunakan sebagai referensi jika ingin melakukan solo touring jarak jauh menggunakan sepeda motor. Pastikan kondisi badan benar-benar prima agar fokus dan konsentrasi tetap terjaga. Karena kejadian kurang mengenakkan acapkali terjadi karena adanya human error. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini