Apakah Rangka Sepeda Motor Yamaha punya Silikat? Berikut Jawabannya

Diposting pada

Motomazine.com – Masih seputar rangka skutik Yamaha. Hari ini Kamis (5/10) berbarengan dengan PT. YIMM, Yamaha Madiun-Kediri juga menggelar acara serupa. Berlatarkan presscon, di sini mmz mendapatkan banyak jawaban penting terkait rangka motor yang tengah viral belakangan ini. Salah satunya adalah, apakah rangka motor Yamaha punya silikat? Jika ya kenapa, jika tidak juga kenapa. Dan berikut jawaban Yamaha DDS untuk mengobati rasa penasaran pemirsa.

Saat sesi tanya jawab mmz mengajukan beberapa pertanyaan terkait rangka motor Yamaha. Salah satunya ya silikat itu. Apakah motor Yamaha punya silikat? Dan jawabannya ada! Silikat ini hadir pada rangka motor-motor matic, tapi bukan pada sport. Loh kok bisa? Apakah silikat menjadi biangkerok munculnya karat?

Dalam hal ini Pak Panca selaku divisi teknis DDS Yamaha berikan pandangannya. Pandangan yang sudah pasti hasil dari workshop yang beliau peroleh dari pabrikan. Jadi jawaban ini sangatlah bisa dipertanggungjawabkan dan saya yakin pemirsa pasti sangat terbantu.

Pertanyaan ini muncul sebagai akibat video yang sempat muncul di laman Facebook, dimana seorang konsumen langsung membongkar Yamaha XMAX yang baru doi beli untuk mengetahui apakah rangka motornya juga terkena silikat. Dan hasilnya memang ada.

https://x.com/Aguztino86/status/1710112300487864811?s=20

“Mengenai silikat ini sangat berhubungan dengan proses pengelasan. Semua pengelasan sasis motor Yamaha sekarang sudah menggunakan robot, jadi bukan lagi manual dengan tangan manusia. Sebelum tahun 2019 metode pengelasan sasis menggunakan metode argon. Kelemahannya adalah kadang terdapat pori-pori pada beberapa part hasil las-lasan. Nah, sejak tahun 2019 metode pengelasan sasis motor Yamaha beralih ke model CED dengan menggunakan CO2. Hasil pengelasan CO2 ini lah yang akhirnya menimbulkan silikat. Silikat ini sendiri justru berfungsi menutup pori-pori,” tutur Pak Panca.

Pak Panca di sela-sela penjelasan mengenai rangka motor Yamaha

“Silikat umumnya hanya muncul pada motor matic. Kenapa? Karena setelah proses cat celup, Yamaha hanya melakukan finishing berupa clear untuk membuat rangka lebih mengkilap dan melindungi cat dari korosi. Berbeda dengan motor sport Yamaha, setelah proses pencelupan, pabrik masih akan melakukan pengecatan lagi (spray), untuk membuat tampilan rangka (yang lebih terekspos) jauh lebih bagus. Makanya jarang ditemukan adanya silikat di sana,” tambah Pak pria berbadan gempal tersebut.

Yamaha menyediakan Rangka secara terpisah

Untuk kasus-kasus tertentu, apabila konsumen harus dengan sangat terpaksa melakukan penggantian rangka motornya, maka Yamaha dengan sangat terbuka akan melayaninya. Yamaha menyiapkan semua sparepart termasuk rangka motor. Syarat untuk melakukan penggantian rangka sepeda motor Yamaha adalah dengan menyertakan nomor rangka lama. Ini wajib!

Area sasis yang ada nomor rangkanya dipotong kurang lebih 10 cm untuk kemudian dikirim ke pabrik untuk melakukan penomoran ulang. Pabrikan tidak bisa serta merta mengeluarkan rangka dengan nomor baru, karena hubungannya dengan legalitas sepeda motor itu sendiri.

Setelah semua persyaratan terpenuhi, termasuk STNK yang masih berlaku, maka proses produksi sasis pun dilakukan. Perkiraan membutuhkan waktu 2 bulan untuk kembali dikirim ke konsumen. Untuk harga bisa dicek di e-catalogue Yamaha. Estimasi harga rangka motor Yamaha antara 1,2 juta sampai 1,8 jutaan rupiah.

So, terjawab sudah. Silikat memang ada pada rangka sepeda motor Yamaha, terutama pada las-lasannya. Silikat ini muncul dari hasil pengelasan menggunakan CO2 sebagai upaya menutup pori-pori yang biasanya muncul pada metode pengelasan argon.

Cara mengecek apakah warna kuning yang muncul pada pertemuan sasis (las-lasan) itu adalah silikat atau karat, tinggal gosok saja pakai tisu, Jiak meninggalkan noda kuning, artinya itu karat. Namun jika tisu hanya kotor karena debu, maka dapat dipastikan itu adalah silikat, yang terbungkus oleh clear paint.

Itulah kenapa Yamaha dengan Pede menghadirkan garansi rangka sepeda motornya hingga 5 tahun. Semoga berguna. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini