Akankah Regulasi Bobot Minimal Pembalap Hadir di MotoGP?

Diposting pada

Motomazine.com – Balap roda dua kelas dunia WorldSBK telah merilis aturan baru. Per musim 2024 ini mereka telah menetapkan aturan terbaru yakni bobot minimum pembalap plus sepeda motornya. Nah, aturan ini rupanya menarik pembalap MotoGP untuk menetapkan aturan serupa. Tidak semua sih, namun beberapa pembalap yang punya ukuran tubuh lebih dari pembalap lainnya.

Di balap WorldSBK aturan ini menjadi win win solution untuk pembalap-pembalap bertubuh besar mampu bersaing ke depan. Tak lain dan tak bukan adalah karena terlalu dominannya pembalap Ducati, Alvaro Bautista. Kombinasi Bautista dan Ducati V4R membuat pembalap lain hanya menjadi penonton belaka. Beruntung masih ada pembalap Yamaha (saat itu), Toprak Razgatlioglu yang begitu geto berikan perlawanan kepada pembalap mungil tersebut.

Ya, meski berikan perlawanan sengit, namun berkali-kali Toprak harus mengakui keunggulan Ducati Bautista. Skill luar biasa yang dimiliki Razgatlioglu dalam membawa R1 melaju lebih cepat (cenderung dipaksakan) seringkali selesai dengan mudah oleh Ducati. Yaps, tusukan demi tusukan di tikungan karena gaya late brake Toprak disudahi Alvaro di trek lurus. R1 memang loyo banget di lurusan.

Nah, di kelas MotoGP sendiri perbedaan bobot pembalap ini juga jadi hal yang krusial. Meskipun belum banyak yang angkat bicara namun semakin ke sini sepertinya para pembalap mulai “ngeh” dengan hal ini. Sebut saja Luca Marini yang memang punya postur paling tinggi diantara pembalap MotoGP lainnya.

“Mereka telah mencoba di WSBK dan saya sangat penasaran, apakah di masa depan peraturan itu juga akan datang ke MotoGP,” tutur Marini seperti dilansir dari PaddockGP.

Di kelas MotoGP sendiri beda bobot antara pembalap tertinggi dengan pembalap paling kecil memang tak terlalu banyak. Namun untuk keseimbangan semuanya bisa saja disepakati. Pembeda dari tinggi pembalap tentu saja saat pembalap harus melakukan tuck-in atau memiringkin badan saat cornering. Selalu ada plus minusnya di sana. Jadi ya kita tunggu saja, apakah peraturan bobot minimum motor dan pembalap ini juga akan hadir di MotoGP? (mmz)

Berikut daftar tinggi dan bobot pembalap MotoGP 2024

Augusto Fernandez: 72 kg/180 cm

Alex Rins: 72 kg/176 cm

Takaaki Nakagami: 70 kg/175 cm

Luca Marini: 69 kg/184 cm

Joan Mir: 69 kg/181 cm

Raul Fernández: 68 kg/179 cm

Fabio di Giannantonio: 68 kg/175 cm

Johann Zarco: 68 kg/171 cm

Francesco Bagnaïa: 67 kg/176 cm

Franco Morbidelli: 67 kg/176 cm

Aleix Espargaró: 66 kg/180 cm

Jorge Martín: 65 kg/167 cm

Alex Marquez: 65 kg/180 cm

Fabio Quartararo: 64 kg/177 cm

Jack Miller: 64 kg/173 cm

Maverick Viñales: 64 kg/171 cm

Marc Márquez: 64 kg/169 cm

Enea Bastianini: 64 kg/168 cm

Brad binder: 63kg/170cm

Miguel Oliveira: 63 kg/170 cm

Pedro Acosta: 62kg/171cm

Marco Bezzecchi: 61 kg/174 cm

sumber: PaddockGP.com

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini