Yamaha STSJ Spill Dampak Buruk Ruang Bakar yang Kotor

Diposting pada

Motomazine.com – Setiap kendaraan pasti memiliki Combustion Chamber atau ruang bakar nya masing-masing. Fungsi ruang bakar berguna untuk memproses bahan bakar minyak (BBM) sebelum menghasilkan tarikan tenaga yang mempengaruhi pergerakan pada sebuah kendaraan. Lama kelamaan, proses tersebut tentu akan menghasilkan kotoran dan menyebabkan ruang bakar menjadi kotor. Posisinya yang berada di bagian dalam mesin membuat pemilik kendaraan tidak memperhatikan kondisi ruang bakar pada motornya. Padahal kondisi ruang bakar yang kotor dapat mempengaruhi pembakaran yang tidak sempurna. 

Menurut Pak Ilham Wahyudi selaku General Manager Service PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ), proses pembakaran yang tidak sempurna akan menimbulkan beberapa masalah pada tenaga yang dihasilkan. Seperti tenaga motor yang dihasilkan pada kendaraan jadi tidak maksimal karena adanya endapan karbon. 

“Kerak yang muncul pada ruang bakar juga bisa menyebabkan temperatur pada mesin motor jadi lebih tinggi. Kotorannya juga bisa mengganggu kinerja busi sehingga busi jadi cepat mati. Paling terasa yaitu dapat menyebabkan konsumsi BBM lebih boros. Maka dari itu mulai dari sekarang segera periksa kondisi ruang bakar pada kendaraan agar tidak menyebabkan dampak buruk bagi komponen lainnya,” tutur Pak Ilham. 

Kondisi ruang bakar yang berkerak berpotensi menciptakan barap api yang akan memicu bahan bakar terbakar sebelum waktu nya. Hal ini akan membuat mesin detonasi atau ngelitik hingga dapat menyebabkan piston kendaraan rusak. 

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh pemilik kendaraan untuk menjaga kondisi ruang bakar. Salah satunya dengan menggunakan cairan pembersih yaitu Yamalube Carbon Cleaner yang dicampurkan ke dalam BBM dan tangki oli sebelum pembersihan ruang bakar dilakukan. Penggunaan oli yang sesuai dengan spesifikasi pabrikan juga dianjurkan untuk menjaga komponen kendaraan lebih awet. 

Setiap pengendara dianjurkan untuk rutin melakukan pengecekan pada ruang bakar secara berkala setiap 3000 km untuk mendapatkan pembersihan yang lebih maksimal. Perawatan ruang bakar kendaraan juga dapat dilakukan melalui bengkel resmi Yamaha. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini