Sempat bikin Geger, Toprak akan tetap di WSBK musim 2025. Gagal ke MotoGP?

Diposting pada

motomazine.com – Pemberitaan seputar transfer pembalap antara MotoGP dan WSBK sempat memanas. Pasalnya beberapa waktu lalu nama Toprak Razgatlioglu disebut-sebut akan pindah ke MotoGP musim 2025. Banyak pabrikan MotoGP yang tertarik dengan pembalap asla Turki tersebut. Pun dengan manager pribadinya, Kenan Sofuoglu yang mengiyakan bahwa Toprak sempat dihubungi beberapa tim di MotoGP. Sempat memanas, kini Kenan secara gamblang mengkonfirmasi bahwa pembalap binaannya akan tetap membalap di kelas World Superbike bersama pabrikan BMW.

Banyak penikmat MotoGP yang menginginkan Toprak masuk ke kelas premier. Aksi-aksi memikatnya di atas BMW M1000RR membuat banyak mata terbelalak. Sempat menjadi medioker, Toprak berhasil membawa BMW juara seri dan memimpin klasemen pembalap WSBK. Sebuah prestasi luar biasa yang belum bisa ditorehkan pembalap sebelumnya, bahkan oleh Redding dan Michael van der Mark yang saat ini jadi rekan setim Razgatlioglu.

Toprak dengan leg dangle ala-ala Valentino Rossi dengan pengereman yang lebih ekstrim

Sebelumnya Toprak dikait-kaitkan dengan Honda (HRC). Alasannya karena baik Toprak atau Kenan hanya akan masuk ke kelas MotoGP jika mereka mendapatkan tim pabrikan, bukan satelit. Sejauh ini hanya HRC yang belum memperpanjang kontrak dengan Joan Mir, wajar jika nama pembalap Turki tersebut dikait-kaitkan.

Namun seiring dengan berjalannya waktu, kabar tersebut menguap begitu saja. Kabar terbarunya nama Toprak ganti dikaitkan dengan Pramac. Meski akhirnya Paolo Campinoti secara tegas menolak rumor tersebut. Terlebih lagi saat ini Pramac menjalin kerjasama bersama Yamaha, dan kita tahu kisah kurang sedap saat Toprak menjajal Yamaha M1.

Melansir dari TMCBlog, Kenan Sofuoglu telah mengkonfirmasi kepastian Toprak akan tetap di WSBK.“Kami memiliki kontrak dua tahun dengan BMW, dan seperti yang telah saya katakan, kami akan melakukannya. hanya pergi ke MotoGP jika BMW setuju dengan pilihan ini. Kami tidak ingin memutuskan kontrak karena kami menghargai BMW dan kami telah mencapai kesuksesan besar bersama.”

“Kami senang dan ingin melanjutkan hubungan ini untuk waktu yang lama. Saya dapat mengonfirmasi bahwa Toprak akan membalap di Superbike bersama BMW pada tahun 2025, sesuai kontrak. Ada proyek yang sangat menarik di sekitarnya dan kami menginginkan kebahagiaannya. Tentu saja Toprak ingin balapan di MotoGP, tapi itu tidak akan mungkin terjadi sebelum tahun 2026. Kita harus ingat bahwa dia tidak akan pernah mengakhiri hubungan kami dengan pabrikan secara negatif,” tutur Kenan.

Yaps, memang sudah seharusnya pembalap dan managernya menghormati kontrak yang telah dibuat. Toprak dan BMW telah menjalin kontrak hingga musim 2026. Jadi pembalap bernomor 54 tersebut tak akan bisa meninggalkan BMW dan WSBK setidaknya hingga akhir 2026. Dan kita tahu bahwa, BMW sendiri berminat masuk ke kelas MotoGP mulai tahun 2027, dimana aturan berganti menggunakan mesin 850cc.

Saya rasa akan lebih terkesan ‘enak’ jika Razgatlioglu tetap menjalankan kontraknya, merebut titel juara dunia WSBK bersama BMW untuk kemudian menjadi pembalap BMW MotoGP untuk musim 2027. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini