Muncul Bunyi Aneh di Rem Belakang CB150R. Jangan Panik, Berikut Solusinya

Diposting pada

motomazine.com – Sekian lama tenang takย  bermasalah, tetiba si Sabri (sebutan untuk CB150R) mmz menunjukkan gejala cari perhatian. Itu motor meski saya siksa habis-habisan, tapi durabilitasnya jempolan loh. Sejauh ini penggantianย  hanya mengarah pada part-part fast moving saja. Sebut saja ban, final drive (gir dan rantai), sil suspensi depan, pro link dan yang terbaru kemarin tensioner ๐Ÿ˜† . Gejala caper yang muncul adalah hadirnya suara aneh dari piranti rem belakang. Saat melakukan pengereman ringan, tetiba muncul suara “ngoook” dari area disk brake.

Awalnya mmz sedikit cuek karena gejala ini tak berpengaruh ke performa pengereman. Tapi lama kelamaan kok ya mengganggu. Belum lagi kekhawatiran suara tersebut muncul akibat gesekan dari dua plat besi. Nah ini yang bahaya! Padahal kampas belakang belum lama saya ganti.

Yawes daripada menduga dan mengira yang ujungnya ya sudah sementara biarkan hingga setahun, halah, Sabri pun saya gelandang ke AHASS langganan. Pemeriksaan dilakukan secara teliti dan menyeluruh, termasuk sekalian service berkala.

Dan setelah hasil periksa beres, ternyata suara aneh yang muncul hanyalah akibat dari gram kampas baru yang tergerus dan menumpuk. Asem tenan!

Tinggal bongkar kaliper rem, bersihkan, kemudian tiup-tiup dengan kompresor, dan beres! Sesimpel dan semudah itu!

Anyway, jangan panik jika pemirsa mengalami hal serupa. Bisa jadi apa yang pemirsa alami sama dengan saya. Deru debu pembawa ngok-ngok ๐Ÿ˜† (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini