MotoGP Pol Espargaro: “Di KTM Saya Sudah Mencoba Ribuan Sasis”

Diposting pada

MOTOMAZINE.COM – Pol Espargaro pembalap pabrikan KTM mengungkapkan impresinya bergabung dengan skuad asal Austria tersebut. Pol mengungkapkan jika sejatiya doi sudah mencoba ribuan sasis. Lah? beneran ribuan nih? Yo gak apa adanya ribuan pieces gitu juga kali masbro… Tapi lebih ke ungkapan.

Pol Espargaro bisa dibilang menjadi pembalap KTM yang paling moncer. Diabndingkan dengan Johann Zarco dan dua pembalap tim satelit Pol lebih sering mampu merangsek ke depan. Yaps, adik Aleix Espargaro ini sepertinya sudah menemukan sedikit banyak ramuan guna membuat RC16 tunggangannya lebih ngacir.

Seperti kita tahu, KTM adalah pabrikan paling nyeleneh di grid MotoGP saat ini. Pabrikan Austria ini masih kekeuh memakai sasis pipa tubular bermodelkan teralis dikombinasikan dengan suspensi White Power. Aneh memang… Saat yang lain sedang getol ngembangin sasis twinspar alumunium dan suspensi Ohlins, si pemakai sponsor banteng nyeruduk ini masih  tetap setia terhadap kombinasi sasis dan suspensinya.

Namun saat jalani tes Valencia dan Jerez kemarin terlihat ada ubahan di sasis RC16 besutan Pol. Yaps, meski masih pertahankan model pipa tubular tapi kini bentuknya lebih mirip ke model twinspar.

Memang belum terlihat sih area sasis yang merangkul mesin sebab tertutup sama fairing. Namun dari sasis utama yang terlihat pipanya kini sudah sedikit agak lebar dan gepeng. Mirip-mirip twin spar gitu lah. Banyak yang mengira ini adalah buah tangan dingin masukan Dani Pedrosa yang kin jadi tester tim KTM.

“Kita sudah melakukan langkah bagus dengan memakai piranti aerodinamika baru. Sayang saya menghancurkannya… tapi yang terpenting kita sudah mendapat informasi penting,” tutur Pol.

“Saya melakukan putaran  bagus dengan motor lama. Tapi dengan sasis baru kami melakukan sedikit kemajuan dibanding yang orange (motor lama). Kita masih dalam tahap permulaan tapi ini adalah awal yang bagus. Kami telah mencoba ribuan sasis dan ini bukanlah yang terakhir…” kelakar pembalap bernomor kembar, 44 tersebut.

“Tahun ini kami lebih sedikit mencoba sasis dari KTM. Di awal tahun kita sudah mencoba 17 sasis berbeda. Dan dengan sasis terbaru ini si RC16 lebih bagus pada segi rotasi, traksi dan stabilitas,” lanjutnya…

Yaps, progress yang dilakukan Pol memang sudah terlihat. Doi masuk ke posisi 10 besar saat lakoni Jerez test. Doi juga terlihat sangat nyaman dengan KTM tunggangannya. terlihat beberapa kali pembalap Spanyol tersebut melakukan bopos yang menggantung habis guna mengail speed corner, termasuk hingga melakukan elbow down. Semoga berguna… (mmz)

Tinggalkan Komentar di sini