Cuma Rilis 100 Unit inilah Harga KTM RC 8C 2022

Diposting pada

Motomazine.comKTM kembali menggebrak pasar dengan merilis sport fairing terbarunya dengan konsep racing. Tak hanya beraura racing, namun motor racikan pabrikan Austria ini benar-benar siap kalau dibawa ngebut di trek. hadir dalam 100 unit saja inilah si RC 8C model 2022 dengan harga yang cukup fantastis. Jangan lihat jumlah silindernya ya…

KTM RC 8C sendiri merupakan buah karya KTM dengan mengembangkan mesin Duke 890R dengan konfigurasi mesin inline 2 silinder. Mesin ini bisa menjadi penantang serius untuk Triumph 765 yang saat ini menjadi pemasok mesin Moto2. Sebab secara looking, dan bahkan jerohan, si KTM RC 8C ini sudah sangat siap ngebut di trek.

Serasa MotoGP

Lihat saja part aerodinamika yang nempel pada tubuh KTM RC 8C model 2022 ini. Meski memakai mesin dan konfigurasi yang mirip dengan motor balap kelas Moto2, namun secara aerodinamika motor ini sudah mengadopsi part ‘pelicin’ angin milik motor prototype KTM RC16.

Silahkan perhatikan dari depan. Lubang Air box sangat mirip dengan KTM RC16. Pun dengan sayap (winglet) karbon yang menyertainya. Aura RC16 GP makin kentara sebab KTM juga memasang swingarm underbrace lengkap dengan ‘sendok‘ arm untuk pendingin ban belakang.

Area dashboard juga sudah memakai speedometer TFT 5 inch dengan informasi yang sangat lengkap. Mesin 889 cc DOHC 8 katup yang diusung mampu muntahkan power hingga 128 HP dan torsi puncak hingga 101 Nm. Secara bobot motor ini cukup ringan karena hanya berbobot 140 kg saja. Bayangkan sendiri PWR yang didapat. PWR motor ini sekitar 0,9 HP/kg. Jadi mendekati 1:1. Secara penyaluran tenaga motor ke ban tentu tanpa kendala berarti.

Sasis KTM RC 8C model 2022 memakai konfigurasi twin spar dengan konstruksi rangka tubular. Untuk yang satu ini KTM memang sangat idealis. Di kancah MotoGP sekalipun mereka masih bertahan dengan sasis ini. Meski semua pabrikan sudah melipir ke sasis twin spar alumunium seperti deltabox nya Yamaha.

Untuk suspensi tentu saja mereka sangat percaya dengan White Power. Suspensi depan memakai supsensi WP berukuran 43 mm APEX Pro 7543 dengan material pilihan dan  bobot yang ringan. Suspensi belakang juga dibekali dengan merek WP monoshock APEX pro 7746 yang dapat disetel mulai dari kekerasan, hingga tinggi rendahnya tergantung rider.

Urusan handling KTM RC 8C dikembangkan dengan filosofi race track day yang tentu saja sudah sangat mendukung berbagai ‘polah’ rider di sirkuit. Bahkan motor ini sangat mendukung untuk yang suka elbow down. Hmmm.. Menarik asli.

KTM RC 8C mengusung tangki bensin dengan volume 16 liter. Menariknya penempatan tangki bahan bakar ini ada di sepanjang tempat duduk rider. Jadi area tangki depan berfungsi sebagai tempat air box guna melancarkan pasokan angin untuk memperlancar pembakaran.

Piranti pengereman memakai produk Brembo lengkap dengan exhaust system dari Akrapovic. Cakram depan memakai dua dicc floating brake dengan ukuran 290 mm. Untuk rem belakang memakai single cakram berukuran 230 mm. Untuk masalah pengereman ini sampean gak perlu khawatir kehilangan cengkeraman. Siapa tak kenal Brembo. Menguatkan kesan racing, KTM RC 8C memakai ban Pirelli SC1 Slick depan dan belakang.

Waktu Rilis dan Harga

KTM RC 8C model 2022 sendiri akan rilis pada 22 Juli 2021 nanti. Karena hanya tersedia sebanyak 100 unit saja maka para sultan yang ingin memiliki motor ini musti terus memantau website resminya KTM. Eman kalau sampai kehabisan.

Untuk harga sekarang, KTM RC 8C model 2022 ini dibanderol dengan harga 35.000 Euro atau sekitar 599 jutaan rupiah saja. Buat sampean yang tertarik, bisa loh ngeboyong motor spek bengis ala trek ini.

25 orang yang beruntung akan mendapat kesempatan nge-trek bareng Dani Pedrosa dan mendapat bonus berupa satu set Dymag wheels, satu set rem cakram depan dan belakang, paddock depan belakang, pemanas ban dan karpet balap KTM. Wes tinggal nyewa pitbox nya saja dan sampean akan berasa jadi Raul Fernandez atau Remmy Gardner. Atau malah Binder dan Oliveira? (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.