Perdananya Honda CBR1000RR-R SP Ngaspal di Tes WSBK Jerez. Langsung Ngacir?

Diposting pada 223 views

MOTOMAZINE.COM – Honda WSBK yang kini dinaungi Honda Racing Corporation akhirnya turunkan jagoan terbaru mereka di sirkuit. Yaps, lewat Alvaro Bautista dan Leon Haslam Honda akhirnya mendebutkan si CBR1000 R-nya tiga ini di sirkuit Jerez untuk uji kemampuan langsung melawan para kompetitor seperti Ducati, Yamaha dan Kawasaki. Lantas bagaimana performa awal yang disuguhkan si Fireblade SP?

Untuk sentuhan pertama performa CBR1000RR-R SP ini ternyata cukup menjanjikan. Hal ini setidaknya terlihat dari torehan waktu yang dicatatkan Leon Haslam. Mantan pembalap Kawasaki yang kini membela Honda tersebut berhasil menjadi pembalap tercepat di basahnya lintasan sirkuit Jerez.

Doi berhasil kalahkan pembalap Yamaha Michael van Der Mark dengan YZF-R1 nya. Di trek basah Haslam mampu torehkan laptime  tercepat di angka 1m52.149 detik. Berselisih tipis dengan vd Mark yang torehkan laptime 1 menit 52.180 detik dan berhasil tempati posisi dua.

Baca juga : Aprilia Sudah Ngetes Aeroswingarm dan Bakal Nampil di Jerez

Melongok bodi Honda CBR1000RR-R SP yang dipakai tim HRC motor ini tak banyak mendapat ubahan secara desain. Model fairing hingga buritan masih tetap sama. Yang membedakan hanyalah motor ini sudah dijejali beberapa part racing guna mengangkat perfornya sehingga mampu bejaban dengan pacuan-pacuan motor WSBK lainnya.

Hal itu terlihat dari dipakaikannya velg khusus, sepaket dengan piranti cakram depan. Ditambah lagi lengan ayun belakang yang dibikin model terbalik layaknya motor-motor MotoGP. Hampir semua motor WSBK sekarang pakai swingarm model ini sih sebenernya…

Selanjutnya winglet juga disematkan di sisi kiri dan kanan fairing. Winglet ala-ala Yamaha M1 2017 ini berkonfigurasi pasif. Artinya ya kisi-kisinya diam. Hanya sebagai penangkap angin supaya downforce motor lebih maksimal lagi.

Selebihnya ya tinggal nunggu performanya saja di lintasan. Mampukah senjata terbaru Honda ini recoki Kawasaki, Yamaha, Ducati, BMW, dan rekan-rekannya… (mmz)

Baca juga : Sebulan Lagi Tim Kawasaki WSBK Rilis Livery Musim 2020. Kepoin Kuy

One thought on “Perdananya Honda CBR1000RR-R SP Ngaspal di Tes WSBK Jerez. Langsung Ngacir?

  1. Aku tak nganan saja, karena ngacir dalam bahasa Madura berasal dari kata dasar lacur yang artinya kiri..,
    Ngacir : ke kiri.. ,saya pilih nganan…

    *Ape lu..,ape lu.. ?

Silahkan Komentarnya Kangbro