Berikut Biaya Perpanjangan SIM A Terbaru. Pahami biar gak Kecele

Diposting pada

MOTOMAZINE.COM – Masbro, per Juni ini Surat Izin Mengemudi (SIM) milik motomazine sudah habis masa berlakunya. Artinya ya musti diperpanjang. Dan berikut mmz mau share ke sampean semua biaya perpanjangan SIM A yang terbaru. Yaps, kebetulan SIM mmz yang habis masa berlakunya adalah SIM A. Tapi meski begitu, estimasi biaya yang dihabiskan bisa juga sampean  jadikan ancer-ancer untuk memperpanjang SIM C. Kenapa? Karena bedanya hanya 5000 rupiah saja.

Ada beberapa poin baru mengenai  perpanjangan SIM ini. Salah satunya adalah tes psikologi seperti yang pernah mmz bahas di artikel terdahulu. Yaps, selain tes kesehatan, sebelum masuk ke loket untuk proses perpanjangan masa berlaku SIM, sampean musti ngisi tes psikologi dulu.

Baca juga : Bikin SIM Baru dan Perpanjangan Sekarang Pakai Tes Psikologi. Model dan Biayanya?

Sama halnya dengan tes kesehatan, di tes psikologi ini sampean juga musti merogoh kocek selain biaya perpanjangan SIM itu sendiri.

Secara terinci biaya yang musti dihabiskan untuk perpanjangan SIM terbaru adalah Rp 25.000,- untuk tes kesehatan, kemudian anda musti membayar lagi Rp 50.000,- untuk tes piskologi.

Soal tesnya gampang. Gak serumit soal SKD di tes perekrutan CPNS. Jadi model tes piskologi ini adalah kuesioner dimana sampean tinggal menjawab ya atau tidak tergantung kondisi psikis sampean masing-masing. Pastikan menjawab dengan apa adanya, bukan ngawur karena bisa saja terdeteksi calon pemohon SIM sedang dalam kondisi tidak waras 😆
Setelah selesai tes psikologi kita langsung diarahkan ke loket untuk mengisi blangko/formulir permohonan SIM. Setelah itu baru antri untuk proses pembayaran SIM. Setelah selesai membayar barulah kita dipanggil untuk foto dan tandatangan.

Pasca semua proses selesai kitapun tinggal menyerahkan berkas ke loket penerbitan SIM dan menunggu SIM kita diserahkan. Selesai. Oh ya, untuk SIM bulan ini sudah memakai model yang terbaru.

Biaya perpanjangan SIM A secara rinci bisa didaftar sebagai berikut:

  1. Foto kopi SIM lama, KTP, dan Map = Rp. 4000,-
  2. Cek kesehatan = Rp. 25.000,-
  3. Tes Psikologi = Rp. 50.000,-
  4. SIM A = Rp. 80.000,-
  5. Asuransi + Rp. 30.000,-
  6. Parkir = Rp 2.000,-

Total = Rp 191.000,-

Baca juga : Hari ini Perpanjangan SIM dibuka, Penasaran sih sama Antreannya

Nah monggo silahkan, kalau mau perpanjangan SIM, paling gak bawa uang Rp 200.000,- di doku. Semoga berguna… (mmz)

Tinggalkan Komentar di sini