Bikin SIM Baru dan Perpanjangan Sekarang Pakai Tes Psikologi. Model dan Biayanya?

Diposting pada

contoh surat izin mengemudi

MOTOMAZINE.COM – Masbro… Rilis juga akhirnya. Bikin SIM baru dan perpanjangan SIM sekarang ada tes psikologinya. Setelah sebelumnya si pemohon Surat Izin Mengemudi hanya dikenai tes kesehatan, tes teori dan praktik, per 16 Desember 2019 ini Kepolisian khususnya Satpas SIM membuat aturan baru yakni tes psikis atau psikologi. Kayak apa sih model tes psikologi bagi pemohon SIM ini nantinya?

Dilansir dari berbagai sumber yang sudah ada mmz menemukan kesimpulan bahwasannya tes psikologi bagi pemohon SIM ini nanti merujuk pada permasalahan nyata yang dialami pengemudi. Masalah tersebut berkorelasi dengan kejadian keseharian pengendara yang ditemui baik di jalanan maupun di lingkungan sekitar.

Yang menjadikan pertanyaan selanjutnya pasti masalah biaya. Kalau dari info yang saya himpun nih masbro, beban biaya tes psikologi SIM nanti adalah Rp 35.000,-. Untuk soalnya kabarnya akan ada dua tipe model tes psikologi.

Soal tes psikologi untuk pemohon SIM baru adalah 25 butir, sementara bagi pemohon perpanjangan SIM soalnya nanti sebanyak 18 butir saja. Kenapa berbeda? Sebab diasumsikan bagi pemohon perpanjangan SIM mereka sudah pernah mengemudikan kendaraan bermotor sebelumnya. Jadi tak perlu dibebani permasalahan dengan soal yang lebih banyak.

Tes psikologi ini sendiri akhirnya diterbitkan karena banyaknya human error yang terjadi. Wajar masbro… Meski hanya mengemudikan kendaraan bermotor respon dan reflek pengemudi harus ditera ulang tipa lima tahun sekali.

Jadi diharapkan nantinya gak akan ada lagi nih emak-emak yang sein ke kanan beloknya ke kiri. Atau mungkin biker yang memasang banyak lampu di sepeda motor maupun mobilnya dengan tujuan minta priporitas di jalanan. Padahal doi hanyalah orang biasa yang seharusnya juga taat membayar pajak.

Atau mungkin ada lagi yang sok arogan saat terjadi miss clash di jalanan. Nah… hal-hal semacam inilah yang perlu ditera ulang saat si pemohon hendak memperpanjang SIM, atau bahlan bagi pemula yang ingin mendapatkan SIM pertamanya.

Last… apapun itu tes psikologi bagi pemohon SIM ini tentu punya tujuan yang mulya yakni menjamin kelaikan pengendara dalam mengemudikan kendaraannya… Diharapkan ke depan semua pengendara kendaraan bermotor adalah pengendara-pengendara yang sehat. Baik jasmani maupun rohaninya…

Pengendara yang tetap strong dan berpikiran tenang ketika menemukan permasalahan di jalanan. Meski doi baru saja memutuskan hubungan…iya-iya-iya… So, siapkah diri anda untuk menguji kewarasan dengan tes psikologi ini? Semoga berguna… (mmz)

7 thoughts on “Bikin SIM Baru dan Perpanjangan Sekarang Pakai Tes Psikologi. Model dan Biayanya?

Tinggalkan Komentar di sini