Bank Indonesia Rilis Uang Baru Spesial HUT RI 75.000 Rupiah. Mayan buat Beli Pertamax

Diposting pada

MOTOMAZINE.COM – Pemerintah Indonesia bergandengan dengan Bank Indonesia kembali berinovasi. Kali ini dalam rangka memperingati HUT ke-75 NKRI, Bank Indonesia secara spesial merilis uang baru pecahan senilai Rp 75.000. Uang yang punya desain ciamik ini bisa didapatkan dengan melakukan pemesanan terlebih dahulu.

Jika dilihat desainnya uang pecahan Rp 75.000,00 ini punya desain yang apik. Di bagian muka tergambar peristiwa pengibaran bendera pusaka merah putih pada tanggal 17 Agustus 1945 silam.

Baca juga : Luar Biasa! Pesta Merdeka Yamaha Jatim kasih Diskon Pembelian Hingga 10 Juta Plus Hadiah Jaket dan Helm Spesial

Di sampingnya terdapat gambar tokoh proklamator kemerdekaan Republik Indonesia. Ir. Soekarno dan Dr. Drs. Mohammad Hatta. Banyak sekali filosofi yang diusung oleh uang spesial ini. Salah satunya adalah kesatuan dalam keberagaman.

Seperti yang tergambar di bagian belakang uang, di sana terdapat gambar beberapa aank dengan pakaian adat dari masing-masing daerah di seluruh wilayah Indonesia. Pakaian adat sendiri menjadi simbol bahwa  meski berbeda-beda tetapi Indonesia tetaplah satu.

Anak-anak yang digambarkan di sini menjadi simbol bahwa Indonesia sangatlah peduli dengan  masa depan anak-anak Indonesia sebagai generasi penerus kejayaan negara kita tercinta ini.

Dalam uang baru Rp 75.000,00 ini juga terdapat gunungan sebagai simbol pembuka sebuah kisah. Mungkin di ultah yang ke-75 ini Indonesia bertekad membuka lembaran baru, kehidupan baru dan semangat baru, bahkan setelah diterpa pandemi Covid-19 yang entah gak jelas jlunrturngannya ini.

Kalau bisa digambarkan secara utuh, tema uang baru Rp 75.000 ini adalah

  • mensyukuri kemerdekaan
  • memperteguh kebhinekaan, dan
  • menyongsong masa depan gemilang

Cara mendapatkan uang baru Rp 75 ribu

Untuk masyarakat yang ingin mendapatkan uang Rp 75.000 edisi spesial kemerdekaan ke 75 RI maka masyarakat dapat menukarkan uang rupiah senilai Rp 75.000 secara tunai. Sebelum menukarkan uangnya, masyarakat harus melakukan pemesanan jadwal dan lokasi penukaran secara online melalui aplikasi PINTAR yang bisa didownload hanya melalui website Bank Indonesia di tautan https://pintar.bi.go.id.

Nantinya, setiap 1 KTP hanya dapat memperoleh satu lembar uang peringatan Kemerdekaan ke-75 RI dengan nominal Rp 75.000.  untuk pemesanan penukaran tahap I adalah tanggal 17 Agustus 2020 pukul 15.00 WIB-30 September 2020.

Tempat penukarannya ada di Kantor Pusat Bank Indonesia dan 45 Kantor Perwakilan Bank Indonesia dalam negeri di seluruh provinsi dan beberapa kota/kabupaten.

Nah untuk yang belum kebagian di tahap I sampean bisa melakukan lagi pemesanan uang Rp. 75.000 tahap 2 adalah tanggal 1 Oktober 2020-selesai. Adapun lokasi penukaran ada di Bank Indonesia serta 45 kantor perwakilan dalam negeri Bank Indonesia terhitung mulai 2 Oktober 2020 hingga selesai.

Baca juga : Touring Kemerdekaan Blogger Vlogger Jatim Bareng MPM Hari Kedua Mojosemi. Di Sinilah Berkah itu Hadir!

So, berminat memiliki uang spesial Rp 75.000 ini? Skuy deh inden. Mayan loh dapat pertamax 8 liter nyisa tiga ribu rupiah. Semoga berguna (mmz)

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.