Premium dan Pertalite bakal dihapus, ada yang Sarankan Pakai Solar. Ndagel!

Diposting pada

Motomazine.com – Berita mengenai penghapusan bakar bakar minyak jenis premium dan pertalite semakin santer terdengar. Efeknya banyak yang  kelimpungan, bingung harus pakai bbm jenis apa. Kalau sepeda motornya keluaran terbaru sih gak masalah, cuman kalau motornya model lawas dengan generasi karburator dan kompresi rendah, apakah aman nenggak pertamax dengan RON 91? Banyak yang beropini, merasa sok bijak, tapi ada juga yang sarankan pakai solar. Lah, ndagel asli!

Pemerintah sendiri harus taat regulasi untuk mensukeskan standarisasi EURO4. Salah satunya ya bbm yang dipakai harus punya Research Octane Number (RON) di angka 91. Dan pertamax lah yang punya nilai oktan segitu.

Baca jugaBank Indonesia Rilis Uang Baru Spesial HUT RI 75.000 Rupiah. Mayan buat Beli Pertamax

Selain pertamax, pemerintah juga akan menjual Pertamax Turbo. Cuman masalahnya adalah harga. Pertamax dibanderol seharga Rp 9000/liter sementara Pertamax turbo mencapai Rp 12.500/liter. Apakah rakyat kita mampu?

Bukan underestimate sih, cuman kondisi rakyat Indonesia saat ini sedang sangat ‘beragam’. Banyak yang bahkan masih memburu premium dan atau terpaksa beralih ke Pertalite agar roda sepeda motornya terus berputar. Berputarnya roda sepeda motor inilah yang menyelamatkan roda perekonomian mereka.

Lantas, kalau Pertalite dan Premium sudah benar-benar hilang? Mau tidak mau ya musti pakai Pertamax. Ada salah satu ahli yang menyebut bahwa pabrikan motor telah menyesuaikan sepeda motor racikannya agar aman nenggak bbm beroktan tinggi. Ini dimulai sejak 2003.

Lha motor yang lahir sebelum itu? Apakah dipaksa nenggak Pertamax juga?

Dan saya mendadak terpingkal begitu membaca salah satu portal yang menyinggung bbm murah, Rp 5.150/liter. Nah, sampean pasti jauh lebih paham, biosolar. Sekarang kan banyak mobil-mobil berbahan bakar jenis biosolar yang harganya setara sepeda motor. Sebut saja Panther, Cevrolet Spin atau Captiva, tulisnya.

Baca jugaMampu Tenggak Solar B30, Isuzu Siapkan Mesin Baru EURO4. Panther Reborn?

Lah ini.. Masalahnya saat premium dan pertalite dihapus, yang kebingungan nyari adalah motor-motor lama dengan kompresi 9:1. Yang lahir sebelum 2003. Sebut saja Honda Grand, Suzuki RC, Yamaha Alfa atau F1Z yang nyatanya masih banyak banget populasinya. Malah suruh beli mobil. Wkwkwk… Semoga berguna (mmz)

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

2 thoughts on “Premium dan Pertalite bakal dihapus, ada yang Sarankan Pakai Solar. Ndagel!

  1. beneran sudah ada yang coba dicampur solar untuk dipakai di motor. malah katanya lebih enak. tapi nggak tahu jangka panjangnya.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini