KTM siap Ngebul lagi. Target Produksi 70 Unit perhari?

Diposting pada

MOTOMAZINE.COM – KTM, pabrikan sepeda motor asal Austria yang mengembangkan sayap ke Indonesia kembali menggeliat. Setalh sempat ‘tiarap’ karena wabah Covid-19 melanda, mereka kabarnya siap ngebul kembali. Sebagai permulaan, target produksi adalah 42 unit sehari. Yaps, seperti yang kita tahu, KTM muali melokalkan produk-produk andalannya dengan KTM 390 Adventure sebagai pembukanya.

Adalah PT. Penta Jaya Laju Motor yang berlokasi di Gresik Jawa Timur. Sebelumnya mereka memang targetkan mulai produksi Februari kemarin. Namun karena kondisi kesehatan dunia yang seperti ini, produksi pun terpaksa berhenti.

Baca juga : MotoGP: KTM Pakai Sasis Vixion?

Presiden Direktur Penta Jaya Laju Motor (PJLM) Kristianto Goenadi mengatakan penundaan itu dikarenakan pihaknya tidak mendapatkan suplai komponen dari India. Hal ini dikarenakan India telah mengalami gangguan COVID-19 dan sudah menetapkan lockdown sejak 24 Maret.

“Kita sebenarnya sudah siap dari bulan Februari, sebelum pandemi sebenarnya sudah siap. Karena perizinan semuanya sudah oke, waktu itu kan set up pabrik sudah dimulai dari beberapa tahun yang lalu tapi karena perizinan pada saat itu belum selesai CKD-nya, baru selesai kira-kira akhir tahun 2019,” ujar Bapak Kristianto Goenadi seperti dilansir Detik, Jumat (28/8/2020).

“Jadi Februari sebenarnya kita sudah start, tapi keburu India sudah lockdown lebih awal daripada kita. Jadi kita tunda sampai Mei kita mulai trial produksi, trial CKD, dan nanti kalau barang sudah masuk, kita akan start produksi untuk ini,” tambahnya.

Baca juga : MotoGP: Bos KTM Bilang Winglet adalah Pemborosan

Lebih lanjut Pak Kristianto menjelaskan pabrik ini memproduksi sepeda motor KTM berkapasitas mesin 400 cc ke bawah. Ia mengatakan pabrik siap memproduksi motor di antaranya Duke 200 cc, Duke 250 cc, RC 390 dan Duke 390 cc. Model pertama yang diproduksi secara lokal ialah KTM 390 Adventure

“Kita baru start CKD lokal baru produk KTM 390 Adventure ini,” katanya. “Setelah 2020 ini, nanti kita sudah produksi lokal,” jelasnya.

KTM 390 Adventure

Pabrik yang ada di Gresik ini memiliki kapasitas produksi di atas 2.000 unit per bulan. Namun penggunaan kapasitas produksi saat ini masih kecil, meski tidak dijelaskan berapa jumlah detailnya. Seperti diketahui PJLM telah mendirikan pabrik KTM di kawasan Gresik, Jawa Timur dengan nilai investasi US$5 juta dengan luas sekitar 20 ribu meter persegi.

Baca juga : Rekap Klasemen Pembalap MotoGP Pasca Styria 2020

Meski punya kapasitas yang besar hingga mampu produksi hingga 2000 unit motor sehari, namun PT. PJLM masih akan memproduksi sekitar 60-70 unit sepeda motor saja. Menurut Pak Kris hal ini menyangkut pada utilitas pabrik yang belum maksimal. 

KTM juga sudah meluncurkan KTM 390 Adventure di Indonesia. Harganya Rp 119 juta OTR Jakarta. So, buat sultan yang minat, monggo silahkan. Semoga berguna (mmz).

Tinggalkan Komentar di sini