MotoGP: KTM Pakai Sasis Vixion?

Diposting pada 127 views

MOTOMAZINE.COM – Pasca tes Valencia dan Jerez perhatian para pengamat MotoGP tak begitu saja terlepas dari ajang balap motor terakbar ini. Update jelang musim 2020 sudah mulai dipamerkan masing-masing pabrikan. Hampir semua pabrikan mengusung update pada motor mereka. Sebut saja Yamaha dengan aero fairing, air ram, dan sasis baru. Begitupun Honda yang mengusung piranti aero baru dan juga Ducati yang lebih cenderung bermain sensor mendeteksi perilaku kaki-kaki. Nah, terlepas dari itu semua yang akhirnya cukup menarik perhatian adalah pabrikan asal Austria, KTM. Benarkah KTM pakai sasis Vixion? halah… wkwkwk…

Sek to mas? Masak sasis Vixion? Ini sih menurut hemat saya masbro. Sebab  dibanding pabrikan lain yang hijrah ke sasis alumunium cor berkonfigurasi twin spar parimeter frame, hanya KTM lah yang masih pertahankan sasis metal tube nya.

sasis teralis KTM (Zarco, Qatar 2019)

Akan tetapi jika sampeyan perhatikan sasis terbaru KTM RC16 ini lebih mengarah ke model twinspar juga. Jadi ya gitu, semacam metal tube yang dibentuk sedemikian hingga agar menyerupai bentuk sasis twinspar.

Nah, kalau sudah seperti itu, mirip sasis motor apa coba? Vixion kan? wkwkwk….

Update bentuk sasis ini sendiri disinyalir merupakan masukan pembalap tester KTM, Dani Pedrosa. Mantan pembalap HRC tersebut rupanya mampu berikan update cukup signifikan terhadap KTM. Yaps, konfigurasi mesin V4 Honda RC213V dan KTM RC16 memang mirip. Jadi wajar jika Pedrosa menyarankan tulang penggendong mesin dengan shape yang hampir mirip.

Update Sasis ala KTM

KTM sendiri sudah berulang kali melakukan update sasis. Di awal KTM RC16 mengandalkan sasis tubular layaknya Ducati sebelum era carbon monocoque. Setelah itu hadir lagi sasis sedikit pipih menggembung seperti yang terlihat di  tes Valencia (orange).

Nah, barulah di tes Jerez KTM kembali membawa sasis baru dilabur warna hitam dengan bentuk yang lebih pipih dan lebar. Pol Espargaro sendiri mengakui sasis terbaru ini bekerja lebih baik untuknya. Dikatakannya RC16 kini lebih baik dalam hal traksi  dan stabilisasi. Terbukti, Pol tembus ke posisi 10 besar. Dan ditambahkannya, KTM masih akan terus melakukan update pada sasis. Jadi bisa dibilang sasis yang dipakai Pol Espargaro kemarin bukanlah versi finalnya.

Perhatikan perbedaan sasis KTM RC16 pacuan Pol dengan foto di atasnya (sasis orange)

Hmmm… Bakal makin menarik nih kalau musim 2020 tim KTM juga mampu merangsek ke depan. Belum lagi Aprilia yang juga akan mengusung motor versi 2020 yang dibilang benar-benar baru! Semoga berguna… (mmz)

Silahkan Komentarnya Kangbro