Rossi Tinggalkan Tes Jerez dengan Senyuman. Indikasi Puas?

Diposting pada

Motomazine.com – Hari Senin kemarin telah digelar sesi tes resmi MotoGP. Yaps, masih bertempat di Jerez tes tersebut memberikan kebebasan pada semua pabrikan dan pembalap untuk melakukan riset termasuk membawa part baru pada motor mereka. Kecuali mesin loh ya. Paling update menyasar pada fairing, piranti aerodinamika termasuk swingarm dan sasis. Dan secercah asa untuk Valentino Rossi. Pasalnya pembalap Yamaha Petronas ini akhirnya menemukan setitik petunjuk (ke arah yang benar) bagaimana mengendarai M1 dengan gaya balapnya dan ban Michelin.

Untuk tes Jerez kali ini setidaknya Rossi mendapat dua update part yang tidak disebutkan secara pasti, part apa itu. Namun menurut pembalap berjuluk The Doctor tersebut doi mampu tingkatkan ke-presisian-nya dalam melakukan pengereman. Hasilnya? Doi mampu membawa M1 masuk tikungan lebih cepat dan mengerem lebih lambat. Kekuatan Valentino Rossi yang selama ini hilang.

Rossi senang dengan part baru yang Yamaha bawa

“Untuk mengatakan aku telah menemukan cahaya terang di ujung terowongan memang masih terlalu dini,” tutur Vale. “Saya dalam kondisi putus asa untuk berkembang. Dan hari ini adalah hari yang bagus. Saya bisa berkendara sepanjang waktu, bekerja dan melakukan banyak putaran,” tambahnya.

Baca juga:

Tips Ganti Aki Motor secara Mandiri di Rumah. Gampang Kok

Tapi terlepas dari itu,ada sedikit peningkatan

“Setelah akhir pekan seperti kemarin mentalku dan tim benar-benar lemah. Tapi sekarang aku bisa lebih cepat, sedikit lebih baik meskipun terkadang hanya ada senyum simpul dari apa yang sudah kami lakukan,”

Apa yang telah dilakukan?

“Kami bekerja baik pada setup, distribusi berat, dan kemudian Yamaha membawa part baru yang bekerja baik. Semua yang saya coba hari ini memberi sedikit kemajuan. Tujuannya adalah mengerem lebih dalam sehingga kami bisa masuk ke tikungan lebih cepat dan mendapatkan kemajuan. Akan tetapi saya mengerti sulit mengambil kesimpulan hanya dari tes hari Senin karena kita bekerja dengan suasana dan cara yang berbeda. Saya senang karena saya meningkat dan mulai bisa merasakan kecocokan cara berkendaraku dengan M1.” ucap Rossi.

Masalahnya selalu sama

Saya tak ingin mengatakan ban terlalu lunak buatku. Karena inilah bannya. Semua orang memakai ban yang sama dan jika ingin membalap di MotoGP kamu harus beradaptasi dengannya (ban). Saya hanya merasa tidak nyaman di atas motor, saya tidak cepat dan selalu kewalahan di akselerasi. Saya mengerti meraih kemenangan saat ini bkanlah hal mudah, harus lebih cepat dari ini. Namun inilah tujuannya. Ini pekerjaan antara aku dan M1 dan hari ini aku mendapatkan sesuatu. Saya berkendara dengan lebih presisi. Jadi kita lihat saja nanti di Le Mans,” tutup The Doctor.

Tidak disebutkan secara pasti memang part baru yang Rossi terima. Namun setidaknya juara dunia 9 kali tersbut tak terlalu menderita sehingga mampu tampil lebih baik lagi. Seia sekata dengan vale, rekan setimnya Morbidelli juga mendapat update spatbor serta swingarm karbon baru pada M1 miliknya. Dan doi terlihat senang. Jadi kita tunggu saja bagaimana penampilan duo Petronas Yamaha ini di Perancis nanti. Sebab M1 biasanya tampil bagus di sana.

Baca juga: 

Modifikasi Nyeleneh, Motor 4-Tak pakai knalpot 2-Tak. Aman Gak Sih?

Tes Jerez hari Senin menempatkan Rossi sebagai pembalap tercepat ke-12 terkait waktu 0,821 detik dari Vinales yang tampil tercepat dengan waktu 1m36.879 detik. FYI, Fabio Quartararo di race Jerez kemarin catatkan best laptime race di angka 1m37.770 detik. So, benarkah Rossi mulai membaik? (mmz)

Hasil tes Jerez, 3 Mei:
1. Viñales, Yamaha, 1: 36,879 menit
2. Rins, Suzuki, + 0,034 detik
3. Mir, Suzuki, + 0,431
4. Nakagami, Honda, + 0,469
5. Zarco, Ducati, + 0,556
6. Pol Espargaró, Honda, + 0.627
7. Oliveira, KTM, + 0.629
8. Marini, Ducati, + 0.680
9. Morbidelli, Yamaha, + 0.748
10. Bagnaia, Ducati, + 0.811
11. Binder, KTM, + 0.819
12. Rossi, Yamaha, + 0.821
13. Bastianini, Ducati, + 0.838
14. Aleix Espargaró, Aprilia, + 1.006
15. Alex Márquez, Honda, + 1.291
16. Marc Márquez, Honda, + 1.424
17. Lecuona, KTM, + 1.495
18. Miller, Ducati, + 1.576
19. Petrucci, KTM, + 1.729
20. Rabat, Ducati, + 1.947
21. Savadori, Aprilia, + 2.145

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

2 thoughts on “Rossi Tinggalkan Tes Jerez dengan Senyuman. Indikasi Puas?

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini