Pemula Wajib Tahu, Begini Tips Belajar Motor Matic ala YRA

Diposting pada

Motomazine.com – Sepeda motor dewasa ini menjadi kendaraan paling masuk akal untuk dimiliki. Yaps, mobilitas masyarakat yang semakin tinggi membuat semua kalangan membutuhkan kendaraan untuk mencukupi kehidupan ataupun sekedar mencari kebahagiaan. Semakin ke sini sepeda motor matic juga semakin mendapat perhatian yang tinggi dari konsumen. Sisi praktis serta kegunaan/fungsi yang sangat membantu membuat penjualan sepeda motor jenis matic makin meroket saja. Nah, buat yang belum pengalaman, nuat pemula nih, mmz punya tips belajar motor matic ala Yamaha Riding Academy.

Baca juga:

Tips Hadapi Jalan Rusak ala Expert, Simak Skuy

Lah, susahnya nunggang motor matic opo sih Sam? Tinggal ulir gas, motor jalan.

Eits, gak sesederhana itu juga. Butuh konsentrasi dan cara tersendiri agar kita selalu aman saat berkendara motor matic. Minimnya engine brake akibat dari transmisi otomatisnya lah yang butuh kewaspadaan lebih. Coba deh sampean amati sekarang, banyak sekali kejadian lakalantas yang melibatkan motor matic. Apalagi kalau sudah musti naik turun jalanan pegunungan, nah ini PR besar buat sampean-sampean terutama yang belum lama nyemplak motor matic. Ughtea-ughtea yang sholehah, simak nih.

Dilansir dari Yamaha Riding Academy (YRA) Main Dealer PT. Thamrin Brothers area Sumatera Selatan dan Bengkulu memberikan beberapa panduan yang dapat diikuti. ”Sepeda motor salah satu kendaraan yang bermanfaat untuk melakukan aktivitas harian maupun hobi. Bagi yang ingin belajar mengendarainya, kami memberikan beberapa poin sebagai panduan. Semoga dapat membantu untuk berkendara lebih menyenangkan,” papar Bapak Wiranata P.Ilahi, Manager Promosi Main Dealer PT Thamrin Brothers.

Berikut tips belajar naik motor matik :

  • Kenali fungsi perangkat motor   
  1. Tuas rem depan di posisi kanan dan tuas rem belakang di posisi kiri.
  2. Side stand switch OFF, untuk menghidupkan sepeda motor side stand harus ditekuk / release.
  3. Tarik tuas rem untuk menghidupkan motor.
  • Kenali karakter motor    
  1. Gas secara perlahan ketika akan berjalan dan rasakan gerakan di roda (motor matik pertama akan jalan agak lambat karena dirancang mulai berjalan di rpm tertentu).
  2. Kenali karakter engine brake nya dikarenakan akan lebih kecil dari motor bebek dan sport.
  3. Lakukan pengereman secara halus agar lebih aman dan tenaga motor tidak mudah drop.
  4. Gunakan kedua rem secara bersamaan agar dapat mengurangi kecepatan secara maksimal terutama saat melewati jalan menurun.
  5. Jaga putaran mesin terutama saat akan mendahului dan melewati jalan menanjak / tanjakan agar lebih mudah melewatinya.

Baca juga:

Tips Ganti Aki Motor secara Mandiri di Rumah. Gampang Kok

Mengenali fungsi perangkat motor dan karakter motor dengan cepat saat belajar berkendara ini akan membuat kita lebih aman. Selalu gunakan safety gear dan mematuhi peraturan lalu lintas. Lakukan perawatan motor matik secara rutin agar mendukung performanya lebih maksimal.

Satu lagi, pastikan sampean sudah cukup umur untuk mengendarai sepeda motor. Selain sudah diperbolehkan memegang SIM secara psikologi setidaknya juga sudah lebih matang. (mmz)

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

3 thoughts on “Pemula Wajib Tahu, Begini Tips Belajar Motor Matic ala YRA

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini