Beberapa Cek yang Perlu Pemilik Motor Yamaha Lakukan sebelum Menghubungi Dealer Resmi

Diposting pada

Motomazine.com – Ini Cara Konsumen Cek Motor Sebelum Menghubungi Dealer Resmi Yamaha PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (PT YIMM) tetap menjaga komitmen untuk selalu memberikan produk dan layanan terbaik bagi konsumen, salah satunya melalui peningkatan kualitas layanan dengan kemudahan akses komunikasi antar konsumen dengan jaringan resmi Yamaha melalui aplikasi My Yamaha Motor. Dengan aplikasi My Yamaha Motor, konsumen disajikan banyak kemudahan maupun keuntungan dalam melakukan perawatan sepeda motornya.

Fitur-fitur yang disajikan dalam My Yamaha Motor adalah informasi servis & garansi, pesan/pengingat servis, informasi dealer, riwayat servis motor serta informasi produk, event dan promo. Bukan hanya itu, konsumen tidak perlu khawatir apabila sepeda motor mengalami problem atau mogok, langsung saja mencari dealer resmi Yamaha dengan logo SKY (Service Kunjung Yamaha), teknisi kami siap untuk membantu dengan mengunjungi lokasi Anda.

”Dalam kondisi PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) saat ini dimana aktivitas berlangsung terbatas sehingga sepeda motor sebagai alat transportasi jarang digunakan, agar kondisinya tetap terjaga baik, kali ini kami memberikan cara pemeriksaan motor yang bisa dilakukan konsumen sebelum meminta bantuan teknisi dari jaringan resmi Yamaha,” ungkap Bapak Johannes BMS, Chief Yamaha DDS 3 (Jawa Tengah – DIY).

Ada beberapa pemeriksaan sederhana yang dapat dilakukan sebelum menghubungi dealer resmi Yamaha, diantaranya :

1. Cek fungsi main switch / kunci kontak

Periksa kunci kontak apakah dapat berfungsi dengan baik sebagai penyambung atau pemutus arus kelistrikan.

2. Cek fungsi starter

Periksa fungsi starter dengan menekan tombol starting, jika motor sulit dinyalakan, atau tidak bisa menyala sama sekali berarti ada masalah. Hal berikut adalah penyebab sepeda motor Anda sulit hidup yaitu kelistrikan, pengapian, bahan bakar dan kompres

3. Cek kondisi putaran mesin sepeda motor

Jika sepeda motor dapat menyala, panaskan sepeda motor selama 5 menit, kemudian cek kondisi putaran mesin apakah normal seperti biasanya atau tidak. Jika putaran mesin dirasa tinggi, rendah, atau tersendat-sendat berarti ada masalah di sistem injeksinya. Biasanya kerusakan dapat terlihat pada indikator kerusakan (indikator warna orange) pada speedometer, indikator tersebut akan berkedip atau menyala.

 

4. Cek lampu penerangan dan sinyal pada kendaraaan

Perhatikan kondisi lampu penerangan, cek fungsi lampu dekat dan jauh. Fungsi sinyal juga penting untuk diperhatikan karena berkaitan dengan fitur keamanan dan keselamatan berkendara seperti lampu sein dan lampu rem harus dalam kondisi yang baik. Jika sudah memeriksa hal-hal di atas, dokumentasikan hasil pemeriksaan tersebut melalui foto atau video dan sampaikan hasil pemeriksaan tersebut kepada petugas dealer resmi yang akan dihubungi nanti. Dengan adanya informasi pemeriksaan sederhana tersebut sangat membantu teknisi dalam penyelesaian problem lebih cepat, tepat, dan akurat. Gunakan aplikasi My Yamaha Motor, masuk pada menu informasi dealer. Lalu hubungi dealer resmi Yamaha terdekat untuk mendapatkan layanan Service Kunjung Yamaha (SKY) dimana teknisi bisa datang ke tempat tinggal konsumen atau lokasi yang ditentukan untuk melakukan pengecekan.

Dengan konsumen melakukan beberapa cek terhadap sepeda motor Yamaha-nya, maka penanganan yang mekanik lakukan nantinya juga lebih cepat karena sudah mampu mendiagnosa kerusakan sepeda motor dari kiriman video.

Alhasil motor lebih cepat tertangani, apalagi di masa PPKM begini kan? Njajan buat  makan di tempat saja gak boleh kok. Iya kan? (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini