Lagi Rame Yamaha R15 V4, Fitur Overkill Pakai Quick Shifter dan SSS

Diposting pada

Motomazine.com – Hegemoni kemunculan Yamaha R15 V.4 mampu menghipnotis pecinta sepeda motor sport di seluruh dunia. Pasalnya, meski diluncurkan di India sana, namun berita kehadiran R15 versi ke empat ini begitu masif, menyeruak  kemana-mana. Gak heran sih, sebab secara fitur Yamaha R15 V4 memang membawa fitur yang bisa dibilang overkill untuk motor sport 150cc sekelasnya. Yang paling membuat kita terperangah tentu saja hadirnya quick shifter dan seabreg fitur lainnya termasuk SSS.

Yang dimaksud dengan SSS bukanlah Seamless Shift Gear System, bukan… Melainkan adalah Side Stand Switch layaknya sepeda motor  matic. Jadi mesin motor akan otomatis mati jika standar samping diturunkan. Atau juga posisi gigi berada pada gigi 1 dan seterusnya. Apakah penting menghadirkan SSS untuk motor sport? Saya rasa sangat penting. Bahkan untuk semua tipe sepeda motor.

Fitur berikutnya yang membuat Yamaha R15 V4 patut untuk diperhitungkan kommpetitor adalah hadirnya Y-Connect Yamaha. Fitur ini layaknya yang terdapat pada NMAX Connected atau All New Aerox Connected. Fitur ini memberikan kemudahan karena motor bisa terkoneksi dengan smartphone melalui bluetooth. Lengkapnya mengenai Y-Connect silahkan cek di sini.

Fitur selanjutnya yang juga nempel pada Yamaha R15 V4 adalah Traction Control dan juga Rem ABS dua channel untuk R15M. Dengan hadirnya TCS, QS dan dipadu padankan dengan assist & slippery clutch tentu membuat penyaluran tenaga R15 versi 4 ini akan lebih bertenaga namun juga terkontrol. Untuk kebutuhan ngebut di sirkuit kayake pas banget nih R15 terbaru.

Untuk desain sekarang, seperti pada bocoran sebelumnya, Yamaha R15 V4 mengusung desain ala-ala Yamaha R7. Bagian mukanya sama plek. Dengan lampu LED tunggal di tengah (semacam lubang ram air), serta alis di sisi kiri dan kanan headlamp. Dari sisi wajah jelas R15 V4 terlihat lebih sporty dibanding R15 V3 yang mempunyai kesan tersenyum dengam lampu dual keen eyes-nya.

Untuk kaki-kaki, suspensi depan R15 V4 mengandalkan suspensi model upside down plus swingarm banana. Untuk kaki-kaki sih, Yamaha R15 memnag ganteng. Bahkan kompetitor pun masih memakai swingarm kotak konvensional. Oh ya, meski velg masih punya desain yang sama dengan R15 V3, namun ban belakang sudah lebih gambot yakni memakai ban berukuran 140/70-17. Untuk ban depan tetep 100/80-17.

Yamaha R15 V4 masih dipersenjatai mesin 4-tak 155cc SOHC VVA 4-valve dengan 6-percepatan berpendingin cairan. Meski kabarnya tenaga sedikit turun, yakni berada pada kisaran 18,4 PS dan torsi kini berada pada angka 14,2 Nm, namun hal ini sepertinya cukup termaafkan mengingat buanyaknya fitur yang R15 V4 usung.

Untuk R15M bahkan ada riding mode. Bukan kayak moge yang bisa untuk memindah tenaga ke yang lebih beringas, melainkan lebih ke fitur dimana speedometer mampu menampilkan laptime dalam satu putaran di sirkuit. Wes pokoke pas lah buat pecinta track day.

Yamaha R15 V4 sendiri hadir dalam beberapa pilihan warna yakni Racing Blue, Metallic Red, Dark Knight, serta warna spesial Monster Energy (MotoGP) dan Metallic Grey (R15M).

Untuk harga, Yamaha R15 V4 ini dibanderol seharga 167 ribuan Rupee hingga 177 ribuan Rupee. Kalau dirupiahkan berkisar 32 jutaan hingga 34 jutaan Rupiah.

Tinggal nunggu saja YIMM ngerilis nih Yamaha R15 V4. Sebab kabarnya sudah ada yang mergokin unitnya sedang test jalan di Pantura dan juga bahkan sudah ada undangan resmi yang masuk. Yawes kita tunggu saja. Harga di sini? Silahkan merinding. Bisa nyentuh 38 juta hingga 40 jutaan Rupiah. Estimasi sih. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

3 thoughts on “Lagi Rame Yamaha R15 V4, Fitur Overkill Pakai Quick Shifter dan SSS

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini