Yamaha R7 Resmi Hadir, Lolos Euro 5 berikut Galeri dan Spesifikasinya

Diposting pada

Motomazine.com – Yamaha global baru saja merilis R7 untuk gantikan YZF-R6 yang hanya terbit untuk keperluan balap. Motor sport full fairing yang  tercipta dari MT-07 ini mengaspal sebagai versi road legal bagi biker yang mengidamkan motor berkubikasi antara 500 sampai 1000 cc yang dahulunya dihuni oleh R6, ZX6 maupun RS660. Yaps, dan tanggal 18 Mei kemarin secara resmi Yamaha R7 meluncur dengan berbagai pembaruan yang membuat motor ini lolos standarisasi EURO5. Buat sampean yang penasaran monggo silahkan simak galeri dan spesifikasi lengkapnya.

Seperti yang sudah terberitakan sebelumnya, Yamaha R7 mengusung mesin yang sama dengan sang naked Yamaha MT-07. Mesin inline 2 silinder crossplane menjadi senjata utama Yamaha hadirkan motor yang punya range power merata. Tak hanya tawarkan torsi badak namun dengan firing order 270 derajat membuat tenaganya lebih linier. Tak hanya mampu melayani tospeed namun dengan konfigurasi jiplak R1 dan M1 ini membuat vibrasi si R7 jadi semakin halus.

Baca juga:

Yamaha Segarkan Tampilan Vixion, Matte Blue Velg Kuning Stabilo. Berikut Harga dan Spesifikasinya

Yamaha R7 sendiri menggendong mesin 4-tak 689cc berpendingin cairan dengan masing-masing 4 klep tiap silindernya.

YZF-R7 juga sudah mengaplikasikan assist and slippery clutch yang membantu pengoperasian tuas kopling menjadi lebih ringan plus meminimalisir terjadinya back torque berlebih saat downshifting.

Maksimalkan pengoperasian gigi perseneling, Yamaha juga berikan opsi upper quick shifter. Sangat pas buat rider yang suka track day ngebut si sirkuit karena tak perlu lagi narik-narik tuas kopling saat melakukan perpindahan gigi.

Bagian jeroan mesin juga mendapat sentuhan berupa forged aluminium piston dengan direct-plate cylinder terintegrasi dengan crank case yang berkontribusi pada bobot yang lebih ringan namun kuat pada suhu dan rpm tinggi.

Untuk body work Yamaha YZF-R7 tetap pertahankan klan R-series dengan desain selayaknya R1 dan R6. Lubang air ram depan yang sangat mirip dengan M1 serta buntut bolong yang menjadi ciri khas R1 juga R6.

Lampu utama YZF-R7 ada pada lubang air ram. Single headlamp dengan LED projector selayaknya lampu utama MT-07. Ya semacam lampu MT-07 yang dipaksakan masuk ke R7. Untuk yang satu ini saya kurang begitu suka. Karena akan jauh lebih ganteng kalau lampu utamanya misah kayak mata hiu martil selayaknya R1 dan R6.

Suspensi depan memakai upside down 41 mm dengan beberapa tingkat penyetelan. Begitupun suspensi belakang dengan model horizontal yang juga bisa disetel tingkat kekerasannya.

Untuk kaki-kaki sama kayak MT-07 dengan piringan cakram depan ganda, single disc brake di belakang, ditambah swingarm yang memang MT-07 banget.

Sasis YZF-R7 juga masih andalkan diamond steel bukan deltabox. Untuk urusan sasis ini pikiran saya langsung tamasya ke R25 facelift. Sampean paham lah pastinya.

Tenaga yang dihasilkan YZF-R7 ini tembus Power maksimum 73,4PS (54kW) pada 8.750 rpm, dan torsi maksimum 67 Nm dicapai pada 6.500 rpm. Seperti yang sudah mmz tuliskan di atas, mesin ini mampu berikan peak power yang linier dari bawah ke atas.

Speedometer memakai LCD negatif full digital dengan cluster R-series banget. Dari sisi dashboard sih kuat banget lah aura R-seriesnya.

Paling kalau sampean fanatik banget sama R-series yang harus pakai sasis deltabox, swingarm gede, plus meisn swing-swing berpiston empat, nah ini yang kudu direvisi ulang mindsetnya. Kayak saya sih contohnya. Wkwkwk…

Baca juga:

Modifikasi Yamaha XMAX ala 2021 Plus Part Hedon

Untuk warna Yamaha ngasih dua pilihan saja yakni Team Yamaha Blue dan Performance Black.

Dan berikut spesifikasi lengkap Yamaha YZF-R7 model 2021

Engine type 689cc liquid-cooled, 4-stroke, DOHC inline twin-cylinder, 8-valves
Bore x Stroke 80,0 mm x 68,6 mm
Compression Ratio 11,5 : 1
Fuel Delivery Fuel Injection
Transmission 6-speed; multiple wet clutch; with assist & slippery clutch
Final Drive Chain
Suspension Front upside down ; 5,1-in travel, adjustable preload, rebound and compression

Rear linked-type monocross shock, adjustable preload and rebound;5,1-in travel

Brakes Front 298 mm hydraulic disc brakes

Rear 245 mm hydraulic disc

Tires Front 120/70ZR17 Bridgestone BATTLAX Hypersport S22F E

Rear 180/55ZR17 Bridgestone BATTLAX Hypersport S22R E

L x W x H 2070 mm x 706 mm x 1161 mm
Seat Height 836 mm
Wheelbase 1394 mm
Fuel Capacity 15,5 Liter
Wet Weight 188 kg
Color Team Yamaha Blue; Performance Black

So, tinggal nunggu saja Yamaha Indonesia bawa nih moge ke tanah air dan mari kita simak harganya. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

One thought on “Yamaha R7 Resmi Hadir, Lolos Euro 5 berikut Galeri dan Spesifikasinya

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini