Tips Tinggalkan Motor saat Mudik ala Yamaha STSJ

Diposting pada

Motomazine.com – Salah satu rutinitas tahunan masyarakat yang terus berjalan setiap tahunnya adalah aktivitas mudik. Momen mudik lebaran ini kerap dinantikan bagi masyarakat di Indonesia untuk pulang ke kampung halaman dan berkumpul bersama keluarga terdekat. Sebelum melakukan perjalanan mudik, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para pemudik sebelum meninggalkan rumah. Hal ini bertujuan agar kondisi rumah dalam keadaan aman ketika ditinggal pergi dalam waktu beberapa hari oleh pemiliknya.

Pak William Saputra, Manager Promosi PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ) mengungkapkan bahwa selain dibutuhkan kondisi yang fit baik pengendara maupun kondisi kendaraannya. Pemudik juga wajib memastikan bahwa rumahnya dalam kondisi yang bersih dan aman. β€œSehingga, ketika para pemudik kembali ke rumah nantinya suasana rumah dalam kondisi yang nyaman. Walaupun terdengar sepele, beberapa hal ini wajib untuk dilakukan dan diperhatikan sebelum mudik bepergian,” ungkapnya.

Berikut merupakan tips aman untuk meninggalkan rumah sebelum pergi mudik menurut Yamaha, antara lain:

  1. Matikan aliran listrik dan gas yang tidak diperlukan.
  2. Kunci semua akses pintu dan jendela.
  3. Nyalakan lampu rumah secukupnya.
  4. Bersihkan sampah yang ada dirumah dan tutup lubang pembuangan.
  5. Berkoordinasi dengan tetangga yang tidak mudik.
  6. Perhatikan hewan peliharaan jika ada.

Sedangkan bagi pemudik yang meninggalkan kendaraan sepeda motor nya dirumah juga wajib memperhatikan beberapa hal sebelum meninggalkan kendaraannya.

Pastikan sepeda motor dalam keadaan yang bersih dan kering. Sehingga tidak meninggalkan kotoran maupun menyebabkan korosi selama ditinggal mudik. Bagi pemudik yang bepergian lama, penggunaan standar tengah dianjurkan untuk membantu kestabilan motor tetap terjaga dan kondisi tekanan ban tidak berkurang. Untuk mendukung keamanan, mengosongkan tangki bahan bakar juga dapat dijadikan sebagai opsi apabila motor ditinggal dalam waktu yang cukup lama.

Mencabut kedua kabel aki pada motor juga dianjurkan guna menghindari aki yang soak pada motor. Sebab aki yang kabel nya tidak dicabut berpotensi menyebabkan soak pada kendaraan. Langkah terakhir yaitu masukan sepeda motor kedalam ruangan yang aman agar tidak terkena panas maupun hujan. Untuk menggandakan keamanan pada sepeda motor, pastikan motor terkunci stang dan tertutup dengan sarung maupun cover agar tetap terlindungi. Semoga berguna. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini