Eits,, Jangan Asal Starter Motor. Berikut Dampak Buruknya…!!!

Diposting pada


image
Ilustrasi saat MMz mendapat arahan dari instruktur test ride All New Honda CBR250RR

Motomazine.com – Salam safety riding bro sis.. Perilaku kita dalam memperlakukan kendaraan terutama sepeda motor acapkali menjadi kunci utama sekaligus penentu awet tidaknya komponen sebuah sepeda motor. Sering kita jumpai, akibat perilaku yang salah, komponen motor yang seharusnya masih awet dan mampu bertahan lebih lama ternyata malah cepat mengalami disfungsi.
Seperti juga dalam hal menstarter sepeda motor. Entah karena terburu-buru atau karena alasan lain, terkadang beberapa biker tak sabar menunggu posisi motor telah benar-benar siap untuk dinyalakan/distarter.
Hal ini terutama berlaku untuk motor-motor keluaran terbaru yang sudah menggunakan teknologi Fuel Injection.
Sarwono Edi, Technical Service Division Astra Honda Motor (AHM) mengatakan jika hal tersebut sangat merugikan. Terutama adalah memperberat kinerja aki. Pada produk Honda keluaran terbaru, saat jarum speedometer sedang bergerak, sebenarnya pompa bahan bakar sedang menekan injector. Berarti, konsumsi listrik dari aki masih sangat besar.
“Jika aki tersebut masih dalam kondisi prima maka tak akan jadi masalah. Namun jika kondisi aki sudah tak begitu optimal, maka perlakuan ini bisa memberatkan kinerja aki untuk mensuplay listrik ke pompa bahan bakar dan sekaligus ke srarter” , tutur Pak Sarwono.
Untuk itu biasakan pada saat menstarter motor tunggu hingga jarum speedometer sudah kembali ke posisi 0, indikator pompa injeksi mati, dan motor siap distarter. Sebab jika anda terlalu sering memaksakan untuk menstarter motor anda di saat masuh terjadi kalibrasi, maka bisa dipastikan kinerja aki pada motor anda tak kan maksimal dan usia aki pun tak kan mampu bertahan lama… Semoga berguna.. (MMz)

================
Punya pertanyaan atau ingin berbagi pengalaman? Tulis saja di:

  • motomazineblog@gmail.com

0 thoughts on “Eits,, Jangan Asal Starter Motor. Berikut Dampak Buruknya…!!!

Tinggalkan Komentar di sini